Makassar (ANTARA Sulsel) - Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham yang melakukan reses di daerah pemilihannya mendorong agar Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan menjadi kabupaten sehat.

"Saya ingin sebelum kembali ke Jakarta melaporkan hasil reses ini, ada aspirasi dari masyarakat Bantaeng atau SKPD agar bagaimana meningkatkan pelayanan kesehatan. Sehingga bisa menjadikan kabupaten ini lebih terdepan soal penanganan kesehatan," ujarnya dari Bantaeng, Senin.

Aliyah Mustika Ilham selain membagikan makanan tambahan kepada para anak sekolah juga menggelar Sosialisasi Empat Pilar Bangsa, Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Olehnya itu, istri Wali Kota Makassar 2004-2014 Ilham Arief Sirajuddin ini mendatangi langsung beberapa lokasi sesuai dengan bidangnya di Komisi IX DPR RI yang bermitra dengan kesehatan, Ketenagakerjaan, Kependudukan.

Seperti diantaranya adalah mendatangi Posyandu di SD Inpres Tappanjeng, BKB dan PAUD Matahari, serta Posyandu Beringin Jaya. Dalam kesempatan itu, Aliyah banyak mendapat masukan soal bagaimana lebih meningkatkan fasilitas yang ada saat ini dimilikinya.

"Semua kita akan sampaikan dalam bentuk laporan kemudian akan dibacakan dalam paripurna nanti. Kita secepatnya upayakan bisa terealisasi dengan baik," katanya.

Selain menerima aspirasi oleh masyarakat, Aliyah juga mensosialisasikan soal pentingnya tenaga kerja memiliki Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Aliyah yang merupakan Legislator Demokrat Sulawesi Selatan ini menyadari bahwa masyarakat Bantaeng banyak dari kalangan pekerja yang bergerak di bidang perkebunan.

"Ini sangatlah penting para pekerja memiliki BPJS ketanagakerjaan. Apalagi Bantaeng banyak SDM, namun belum sepenuhnya memiliki jaminan," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Tim Penggerak PKK kota Makassar 2004-2014 ini menyalurkan bantuan dari kementrian kesehatan berupa biskuit untuk ibu hamil dan anak sekolah.

"Kita ingin bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Bantaeng," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah mengungkapkan lebih jauh soal kondisi rumah sakit umum daerah (RSUD) yang saat ini tahap perbaikan.

Di depan Aliyah, Nurdin Abdulllah mengatakan berencana menjadikan rumah sakit yang sudah berumur kurang lebih 90 tahun itu, rumah sakit yang bertaraf internasional. Hal ini diakui bisa terealisasi jika ada dorongan dan bantuan dari pusat salah satunya Anggota DPR RI.

"Sehingga agar bagaimana masyarakat yang ada khususnya di bagian selatan, tidak lagi dirujuk ke Makassar. Tetapi, bisa di Bantaeng," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024