Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto turun tangan ikut membersihkan anjungan Losari saat melakukan peninjauan di lokasi tersebut di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Bersama sejumlah petugas kebersihan dan warga lainnya, pria yang disapa akrab Danny Pomanto ini terlihat menyapu kotoran yang masih tersisa di pelataran "public space" yang kini menjadi kebanggaan warga kota.

"Mari menyapu bu jangan terpisah-pisah supaya cepat bersih semua sampah disini, kan ini buat kita semua menikmati kebersihan," katanya disela berbincang dengan petugas kebersihan saat menyapu di tempat tersebut.

Sejumlah pengunjung yang ada di tempat itu yang menyaksikan wali kota-nya menyapu terlihat tersenyum namun ada pula yang tidak merespon tindakan perilaku yang baik itu.

Menurut Danny, apa yang dilakukannya bukan hal yang baru, karena menyapu adalah kebisaannya sejak dulu dan susah untuk dihilangkan.

Apa yang dia lakukan merupakan contoh yang baik, bukan mencari pencitraan

"Kebersihan kota kita adalah tanggung jawab kita bersama dan tidak ada sekat-sekat siapa pun itu. Menyapu sudah menjadi kebiasaan saya baik di rumah maupun di kantor. Ingat kebersihan itu sebagaian dari iman," ujarnya usai menyapu.

Namun sangat disayangkan, sejumlah pejabat yang ikut dalam peninjauan itu hanya melihat-lihat saja apa yang dikerjakan Danny, sama halnya pengunjung yang berada di lokasi pelataran anjungan losari.

Sejumlah program Pemerintah Kota Makassar yang digagas pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Syamsu Rizal MI seperti Makassar Tidak Rantasa (kotor) atau MTR, merupakan program andalan dalam mendukung kebersihan kota.

Selain itu Pemkot Makassar juga mengefektifkan mobil pengangkut sampah ang dijuluki Tangkasaki (Truk Angkutan Samapah Kita) dalam mendukung pengangkutan sampah perkotaan.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024