Makassar (ANTARA Sulsel) - Panitia Pelaksana lokal Asean Mayors Forum (AMF) menyediakan 200 tenaga pendamping untuk undangan dan tamu Wali Kota baik dari dalam maupun luar negeri se ASEAN.

"Mereka akan bertugas mendampingi tamu asing selama pelaksaaan acara. Rata-rata pendamping mahir berbahasa inggris," ujar Panitia AMF Eda Djohan di Makassar, Jumat.

Tamu lainnya seperti Kepala Daerah yang diundang juga akan didampingi tim pendamping dalam hal komunikasi dan keperluannya selama di Makassar.

Pertemuan AMF atau Wali Kota se ASEAN itu akan di hadiri 75 Wali Kota se-Indonesia dan beberapa Gubernur yakni 30 dari negara ASEAN, delegasi pengusaha asing, Duta Besar serta pengusaha lokal dan pengurus Kamar Dagang Indonesia.

Sekretaris Daerah Kota Makassar H Ibrahim Saleh mengatakan pertemuan wali kota itu diharapkan bisa menarik investasi ke Makassar dan kota lainnya di Indonesia.

"Harapannya akan banyak investor masuk di Makassar menanamkan investasinya dalam forum nanti termasuk kota lainnya di Indonesia. Kami juga berharap pak Presiden Jokowi membuka pertemuan ini" katanya.

Sebelumnya, Ketua Kadin Sulsel Zulkarnaen Arif menyatakan akan menyiapkan 200 mobil mewah yang siaga untuk menjemput tamu penting termasuk mengantarkan ke hotel dan arena forum serta serangkaian kegiatan AMF nanti.

Sedangkan Humas Pemkot Makassar Firman Hamid Panggara pada kesempatan lain menuturkan kawasan hutan kota sementara dipercantik termasuk memasang 500 bendera negara yang mengikuti AMF di Makassar. Selain itu di arena forum disediakan "media center" lengkap dengan WiFi.

Berdasarkan agenda acara untuk Asean Mayors Forum akan dibahas topik tentang Adaptive and Resilient Cities, Inteligent and Smart Cities dan Prosperous Cities.

Kemudian agenda selanjutnya Makassar Investmen Forum (MIF) akan dibahas topik tentang Infrastructure Develoment in Makassar, Makassar as Internasional Hub, Smart City in Makassar dan Capturing The Makassar Consumer.

Untuk agenda Makassar Global Expo juga akan membahas topik tentang Tourisme, Properties, Industries dan Smart Technologis dalam hal investasi.

Sementara agenda Asean Community Week akan menampilkan Fashion, Culture budaya, Culinary dan Handycraft.

Untuk pelaksanaan rangkaian AMF ada tiga tempat yang digunakan yakni Hotel Sheraton, Anjungan Losari Makassar dan Lorong Garden di jalan Toddopuli Kelurahan Kassi-kassi.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024