Mamuju Utara, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Kapolda Sulselbar Irjen. Pol Pudji Hartanto yang baru-baru ini dilantik meminta kepada seluruh aparatnya untuk memperkuat komitmen bahwa polisi merupakan pelayanan rakyat.

Hal ini dipertegas Kapolda Sulselbar, Irjen Pol. Pudji Hartanto saat bertandang ke kota Pasangkayu ibukota Kabupaten Mamuju Utara, Senin.

Kunjungan kerja Kapolda Sulselbar ini sekaligus menggelar tatap muka dengan masyarakat Mamuju Utara dan menjadi kabupaten pertama yang ia kunjungi setelah menjadi kapolda di wilayah Sulselbar.

Kedatangan Kapolda Sulselbar ini juga didampingi beberapa pejabat teras Polda Sulselbar, Kapolres Matra AKBP. Raspani beserta jajaranya, Bupati Matra Agus Ambo Djiwa, Ketua DPRD Matra Lukman Said, Wakil Ketua II DPRD Matra Musawir Az Isham, Sekkab Matra M. Natsir, pimpinan SKPD dan Muspida, tokoh masyarakat, serta tokoh adat dan agama yang ada di daerah itu.

Dalam acara tatap muka itu, jenderal bintang dua ini, menyampaikan beberapa arahan kepada bawahannya yang bertugas di polres Matra.

Arahan itu ia pertegas agar personil kepolisian bisa benar-benar berfungsi sebagai pelayan dan pengayom masyarakat.

Kepada jajaran polisi lalu lintas (polantas) Polres Matra misalnya, Pudji meminta agar pelayanan lalulintas harus dilakukan dengan mengedepankan sopan santun dan etika dan jangan mengedepankan arogansi yang kemudian bisa menimbulkan rasa antipati masyarakat.

"Kalau semisal lagi mengawal rombongan pejabat atau siapapun, polantasnya jangan arogan, menyuruh minggir kendaraan yang ada didepannya dengan memperlihatkan arogansi, tapi lakukanlah dengan cara sopan santun," imbuhnya.

Pada jajaran reserse dan kriminal (reskrim) polres Matra pun, ia berpesan agar senantaiasa disipilin dan tepat waktu dalam melayani rakyat, baik rakyat sebagai pelapor maupun sebagai terlapor.

"Jangan ada lagi aknum polisi yang berbuat tidak sesuai dengan peraturan yang ada, kalau masyarakat temukan demikian, segara laporkan ke Propam atau kepada saya," papar Kapolda.

Setelah mengunjungi daerah Matra, maka rombongan selanjutnya akan mengunjungi kabupaten lainnya yang ada di Sulbar.

Bupati Matra Agus Ambo Djiwa menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas kunjungan Kapolda Sulselbar tersebut di kabupaten paling utara sulbar ini, apa lagi Matra adalah kabupaten pertama yang dikunjunginya.

"Alhamdulillah selama ini kerjasama antara kepolisian dan masyarakat sudah terbangun dengan baik, sehingga keamanan senantiasa terjaga, dan semoga kunjungan bapak kapolda bisa semakin memberi nilai positif bagi keamanan di daerah," kata Agus.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024