Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh meminta aparat keamanan melakukan penyelidikan terkait terbakarnya sejumlah hutan di wilayah Provinsi Sulbar sejak sepekan terakhir dan menangkap pelakunya.

"Kalau ada yang terbukti sengaja membakar hutan untuk tujuan tertentu, maka harus ditangkap dan dihukum seberat-beratnya, karena itu pelanggaran aturan," kata Gubernur Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, dirinya telah menerima laporan kalau ada pihak yang diduga sengaja membakar hutan untuk kepentingan membuka lahan perkebunan di Sulbar.

"Pihak itu diduga akan memanfaatkan musim hujan nanti untuk membuka lahan perkebunan tentu itu tidak wajar, karena membakar hutan telah mengakibatkan dampak besar bagi aktivitas masyarakat di segala sektor kehidupan," katanya.

Oleh karena itu ia berharap aparat keamanan dapat bertindak tegas dengan menangkap setiap pihak yang terbukti membakar hutan untuk kepentingan bisnisnya.

Ia mengatakan, dirinya juga sudah melaporkan kebakaran hutan di wilayah Sulbar kepada Wakil Presiden karena sudah mengganggu aktivitas pemerintahan, ekonomi dan aktivitas keseharian serta mengganggu kesehatan masyarakat.

"Banyak anak-anak di Mamuju ini yang sudah terganggu kesehatannya, berdasarkan laporan kepala rumah sakit Sulbar, karena kebakaran hutan," katanya.

Ia juga telah meminta agar Dinas Kehutanan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah melakukan antisipasi dampak kebakaran hutan yang terjadi.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024