Makassar (ANTARA Sulsel) - Pelaksanaan Takabonerate Island Expedition VII yang dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, 25-26 November 2015 menjanjikan tantangan bagi para pemancing laut lepas untuk membuktikan kemampuannya.

Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Dinas Pariwisata Sulsel, Devo Khaddafi di Makassar, Kamis, mengatakan agenda lomba mancing memang menjadi salah satu penawaran penyelenggara Takabonerate Island Expedition bagi masyarakat.

"Kita akan melaksanakan sejumlah agenda menarik yang salah satunya lomba mancing. Khusus untuk lomba yang satu ini tentu merupakan tantangan tersendiri bagi para penghobi mancing," katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Takabonerate Island Expedition yang ke-tujuh ini memang menjadi salah satu upaya Pemprov Sulsel dalam mendatangkan banyak wisatawan. Ekspedisi ini juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kepulauan Selayar.

Dirinya juga mengakui gaung dari pelaksanaan Takabonerate Island Expedition memang mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pelaksanaan perdana tujuh tahun lalu. Namun demikian, pihaknya akan terus berupaya untuk bisa kembali menjadikan Takabonerate Island Expedition sebagai magnet bagi para wisatawan baik dalam dan luar negeri.

Untuk pelaksanaan kegiatan tahun ini, pihaknya juga menawarkan sejumlah "pesona" bagi masyarakat agar mau berkunjung dan meramaikan kegiatan tahunan ini.

Selain lomba mancing, ada pula lomba perahu tradisional, pertandingan voli pantai, lomba foto bawah laut, jelajah pulau di kawasan nasional Takabonerate, pelepasan tukik, atraksi seni dan budaya asli Kepulauan Selayar dan menyelam menikmati keindahan bawah laut Takabonerate yang belum terjamah.

"Untuk tahun ini tetap kita laksanakan seperti biasa. Adapun untuk tahun depan, kami akan bersolek untuk lebih menarik wisatawan. Kami juga akan menyiapkan diri lebih maksimal untuk kembali menggaungkan Takabonerate ekspedisi ini khususnya di mata internasional," katanya.

Selain agenda Takabonerate Island Expedition VII, Dinas Pariwisata Sulsel juga menggelar Celebes Travel Mart (CTM) yang dipusatkan di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, 17 - 20 November 2015.

Untuk kegiatan ini juag dihadiri 50-60 "buyer" atau pembeli dari dalam dan luar negeri.

Untuk jumlah peserta CTM 2015 ini memang sengaja dibatasi dengan harapan kegiatan ini berjalan dengan fokus yang jelas. Selain itu, lanjut dia, pihak yang direkomendasi menjadi buyers hanya mereka yang benar-benar berkomitmen mau membeli dan mempromosikan paket dan destinasi wisata Sulsel.

"Kita memang fokus pada Singapura dan Malaysia, karena kedua negara ini adalah pintu gerbang penerbangan langsung internasional ke Makassar. Sementara untuk Timur Tengah, ini adalah pasar potensial pariwisata kita yang baru tumbuh," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024