Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membidik piala Adipura Paripurna pada 2016 yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian lomba kebersihan tersebut.

"Saya punya target dan saya tidak main-main dalam hal ini. Saya punya mimpi ke depannya kita akan kembgali meraih adipura tertinggi ini," kata Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Dia mengungkapkan, untuk bisa meraih penghargaan tertinggi itu harus mampu meraih semua kategori. Ada lima kategori penilaian piala adipura tahun depan yakni, adipura buana, kirana, karya, bakti, dan paripurna.

Adipura karya dan adipura bakti merupakan kategori penilaian yang paling tinggi. Sementara untuk meraih adipura paripurna haruslah mampu meraih kelima kategori tersebut.

"Ada lima kategori adipura dan saya tidak mau main-main. Saya juga tekankan akan perhatikan camat dan lurah tapi ingat agar kerja yang benar dan tidak usah main politik apalagi korupsi," tegasnya.

Ramdhan mengatakan, piala adipura yang diraihnya tahun 2015 ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Piala adipura terakhir yang diraih oleh Makassar pada 2013.

Danny sapaan akrabnya itu mengatakan, bahwa dirinya merasa optimistis untuk mewujudkan hal ini dikarenakan tingginya partisipasi warga selama ini ditambah kesigapan petugas kebersihan di lapangan.

Untuk itu secara berulang-ulang dia menyampaikan apresiasi tinggi terhadap seluruh elemen yang telah terlibat dan berupaya keras sehingga piala adipura ke-3 berhasil diraih Makassar.

Data yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) setiap petugas kebersihan di kota ini jika di total mendapatkan penghasilan sekitar Rp2,3 juta per bulan. Belum lagi jika mereka aktif di bank sampah. Selain itu, juga diberi jaminan kesehatan dan melahirkan.

"Skema inilah yang juga membuat para petinggi di Kementrian Lingkungan Hidup memberi apresiasi tinggi. Karena saya perhatikan juga petugas sampah karena hal ini juga mengatasi pengangguran. Kalau ada orang yang menganggur mereka akan berminat menjadi petugas kebersihan," ujarnya.

Danny saat ini tengah memikirkan pemberian insentif khusus. Hal ini dinilai pantas karena atas jasa petugas kebersihannya yang telah berjuang keras bahu-membahu sehingga 23 November Makassar kembali meraih piala adipura. 

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024