Polewali Mandar, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh membuka secara resmi Festival Budaya XI Polewali Mandar tahun 2015 yang dipusatkan di kawasan Pantai Bahari.

Pembukaan acara ditandai pemukulan Gendang yang dilakukan Anwar Adnan Saleh bersama Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, A Nursami di Polman, Rabu.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh dalam sambutannya mengatakan dirinya merasa terharu dan bangga kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar yang telah menyelenggarakan Festival Budaya XI dengan ikhlas, sehingga acara tersebut berjalan lancar.

"Jujur saya katakan, saya tidak bisa menyembunyikan rasa haru dan bangga saya kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar yang meyelenggarakan acara ini dengan sepenuh hati. Suksesnya acara ini dibuktikan animo warga yang datang begitu meriah," katanya.

Gubernur dua periode ini menyatakan dengan adanya acara Festival Budaya ini maka daerah ini membuktikan bahwa budaya warisan leluhur di tanah Mandar dapat terjaga dan terpelihara sampai sekarang.

Anwar berpendapat, kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya untuk melestarikan budaya agar kelak aneka ragam budaya di tanah Mandar tidak hilang.

Karena itu Anwar berharap kepada seluruh masyarakat dan jajaran Pemerintah untuk selalu bertanggung jawab menjalankan dan menjaga kelestarian budaya itu sendiri.

"Mari kita jaga dan tingkatkan budaya warisan leluhur salah satunya dengan cara melaksanakan acara festival budaya, sehingga kelestarian budaya dapat kita wariskan kepada generasi yang akan datang," ujarnya.

Pada kesempatan itu, gubernur juga memberikan apresiasi kepada Bupati Polewali Mandar yang selalu menunjukkan inovasi dan prestasi sehingga membawa dampak positif terhadap rakyatnya.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan yang mendorong Gubernur untuk melaksanakan festival budaya tingkat Provinsi Sulawesi Barat tahun 2016 di Kabupaten Polewali Mandar.

"Setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama di tingkat provinsi, maka saya telah mengambil suatu keputusan agar di tahun 2016 tepatnya di bulan September yang juga merupakan penghujung masa tugas saya sebagai Gubernur selama dua periode, agar Festival Budaya Tingkat Provinsi Sulbar diselenggarakan di Kabupaten Polewali Mandar," ungkapnya.

Sebab itu ia berharap Kepada Kabupaten Polewali Mandar nantinya dapat menjadi tuan rumah yang baik pada pagelaran Festival Budaya tingkat Provinsi Sulawesi Barat tahun 2016.

"Saya meminta dengan sangat kepada Bupati Polewali Mandar beserta jajarannya agar mulai dari sekarang mempersiapkan Festival Budaya tingkat provinsi dengan sebaik baiknya," ucapnya.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024