Makassar (ANTARA Sulsel) - Perenang Sulawesi Selatan, Muhammad Alamsyah, sukses merebut tiga medali pada kejuaraan Renang Antarklub Seluruh Indonesia (Krapsi) di Jakarta, 27-30 Desember 2015.

Pelatih Renang Sulsel, Andre Santosa saat dihubungi dari Makassar, Selasa, mengatakan tiga medali yang direbut atlet yang memperkuat klub renang Poetere di Kejurnas Krapsi 2015 itu terdiri dari satu emas dan dua medali perunggu.

"Untuk medali emas dari Alamsyah direbut melalui gaya 400 meter gaya ganti. Sedangkan dua medali perunggu masing-masing dari gaya bebas 50 meter dan 200 meter gaya punggung," jelasnya.

Keberhasilan Alamsyah merebut tiga medali ini semakin mengukuhkan dirinya lolos di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat. Alamsyah sudah memastikan diri mmeperkuat Sulsel di ajang empat tahunan itu dengan status "by name".

Sementara untuk atlet yang lain, dirinya mengakui saat ini belum ada sumbangan medali bagi Sulsel. Pihaknya tetap berharap seluruh atlet bisa tampil maksimal lagi pada hari terakhir (30/12).

"Kami masih ada beberapa nomor lagi untuk diikuti. Mudah-mudahan pada hari terakhir besok (Rabu) bisa kembali merebut medali khususnya bisa memastikan tiket ke PON 2016," katanya.

Pelatih Renang Sulsel lainnya, Nadwi sebelumnya mengatakan Sulsel memberangkatkan sebanyak 19 atlet menghadapi kejurnas Krapsi 2015.

Puluhan atlet berasal dari dua klub renang yakni Garuda Laut (sembilan atlet) dan Poetera yang menurunkan 10 atlet terbaiknya.

"Sebanyak 19 atlet ini sudah berangkat hari ini pada pukul 15.00 WITA. Mereka berasal dari dua klub renang di Sulsel yakni Garuda Laut (enam putra/tiga putri) serta Poetere yang terdiri dari enam perenang putra dan empat putri," jelasnya.

Untuk Klub Garuda Laut akan didampingi pelatih Andi Riswanto sedangkan pelatih Poetere yakni Andre Santosa yang juga merupakan pelatih renang Sulsel.

Untuk klub renang Garuda Laut yang merupakan atlet andalan Sulsel yakni Reskyanto dan Nurhaliza Sedangkan dari klub Poetere ada nama Muhammad Alamsyah yang sejak awal sudah memastikan diri lolos PON 2016.

Mengenai peluang setiap atlet khususnya dalam perebutan tiket PON 2016, dirinya mengaku masih cukup terbuka. Pihaknya juga seminta seluruh atlet untuk fokus sehingga bisa mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada ajang yang merupakan kesempatan terakhir merebut tiket PON 2016 itu.

"Meski bukan hal yang mudah namun kita tetap optimistis bisa merebut tiket PON 2016. Untuk saat ini memang baru Alamsyah yang sudah pasti lolos dengan status by name," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024