Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang mengatakan pihak pemerintah Provinsi Sulsel akan fokus pada upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Jeneponto dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

"Gubernur sudah meminta untuk dibentuk tim khusus untuk mengentaskan kemiskinan di Jeneponto dan Pangkep," kata Agus seusai menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-56 Kabupaten Pangkep di Pangkep, Senin.

Menurut Wagub, pengentasan kemiskinan yang akan dilakukan di kedua kabupaten tersebut akan menggunakan pendekatan yang berbeda, sesuai dengan tipologi geografi dan iklimnya.

"Jeneponto yang daratan dengan iklim yang panas dan kering, tentu berbeda dengan Pangkep yang berupa kepulauan," jelasnya.

Kabupaten Jeneponto, lanjut wagub, lebih cocok untuk pengembangan ternak unggas seperti ayam, bebek, dan itik.

Sementara Pangkep yang memiliki lebih dari seratus pulau, dapat diarahkan untuk pengembangan ekonomi berbasis maritim, seperti budidaya ikan bernilai ekonomi tinggi dalam keramba.

"Selain itu, juga perlu diperhatikan masalah infrastruktur sebab masalah kemiskinan juga bisa terjadi karena masyarakat terisolasi," ujarnya.

Kabupaten Jeneponto dan Pangkep adalah dua daerah yang dinilai perlu mendapat perhatian khusus.

Indeks Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Jeneponto misalnya, berada pada urutan 418 secara nasional, bandingkan dengan Kota Makassar di peringkat 45. Sementara Kabupaten Pangkep tercatat memiliki jumlah penduduk miskin yang cukup besar dengan persentase 16,4 persen pada 2014.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024