Makassar (ANTARA Sulsel) - Polrestabes Makassar siap menurunkan sebanyak 250 personel untuk mengamankan dan menyukseskan pelaksanaan lomba lari Makassar Half Marathon di Makassar, Sulawesi Selatan, 14 Februari 2016.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Rusdi Hartono di Makassar, Jumat, mengatakan ratusan personel kepolisian itu berasal dari beberapa satuan khususnya Satlantas.

"Untuk pengamanan sendiri, kita siapkan kurang lebih 250 personel, baik polisi lalulintas dan lain. Kami telah berkomitmen membantu keamanan sehingga dapat berjalan lancar dan kegiatan bisa berlangsung sukses," jelasnya.

Mengenai sistem pengamanan jalur, dirinya mengaku akan menerapkan sistem buka tutup jalan. Artinya jalan yang sudah dilewati seluruh peserta lomba akan kembali dibuka untuk kepentingan umum.

"Kita terapkan sistem buka tutup. Jika peserta lai sudah lewat maka kita akan kembali buka untuk pengguna jalan lainnya," katanya.

Terkait pelaksanaan Makassar Half Marathon 2016, dirinya ikut mengapresiasi. Pihaknya juga berharap kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara rutin dan semakin meriah.

Ketua Panitia Makassar Half Marathon, Imran Djamaluddin, mengatakan untuk rute yang akan ditempuh juga tetap sama dengan pelaksanaan sebelumnya yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jl Bulusaraung, Jl Mesjid Raya, Urip Sumohardjo, depan SPN Batua, kembali ke Bawakaraeng, Jl Haji Bau, Jl Tanjung Bunga, Jl Penghibur, Jl Riburane, Jl Ahmad Yani, lalu kembali ke Jalan Jenderal Sudirman sebagai lokasi finis.

"Jalur ini khusus untuk kategori 21K umum. Adapun untuk kategori yang lain juga tetap melewati beberapa jalan itu," ujarnya.

Pada pelaksanaan kali ini, kata dia, pihaknya hanya menargetkan sebanyak 2.500 peserta. Ribuan peserta itu akan tampil dalam empat kategori lomba masing-masing kategri umum 21K, kategori umum 10K, kategori umum 5K serta kategori 5K khusus pelajar.

Untuk biaya pendaftaran setiap kategori bervariasi. Untuk 21K dikenakan biaya Rp 300 ribu dan 10K sebesar Rp 250 ribu. Sementara untuk 5K senilai Rp 150 ribu dan 5K Pelajar sebesar Rp 100 ribu.

Kegiatan ini juga akan didukung Padara Sport sebagai race manajement dan juga menggandeng SporStats Asia sebagai pencatat waktu.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024