Makassar (ANTARA Sulsel) - Female on the Move atau Femme 2016 yang akan diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, 11-15 Mei akan menghadirkan sejumlah desainer ternama nasional.

"Kami secara konsisten mempersiapkan even Femme setiap tahunnya dengan sangat baik, karena kami percaya kegiatan ini telah menjadi salah satu indikator kemajuan industri Fashion di Indonesia," kata Kepala Penyelenggara Icha A Z Lili melalui siaran persnya diterima di Makassar, Selasa.

Menurut dia setiap tahun bermunculan pengusaha baru di bidang fashion membangun bisnisnya melalui Femme, karena itu bukan sekedar even tapi merupakan upaya nyata dilakukan bersama pelaku UKM, profesional, pemerintah guna memperkuat ekonomi kerakyatan di bidang fashion.

"Femme tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya mulai dari segi konsep pelaksanaan, memperkuat edukasi kepada generasi muda tentang industri fashion. Kami percaya di tangan mereka industri fashion tanah air akan dilanjutkan," katanya.

Selain itu pihaknya akan menyalurkan pengetahuan tentang bagaimana menjadi seorang profesional di bidang industri fashion baik sebagai model, maupun seorang fashion desainer. Edukasi ini dikemas dalam bentuk kompetisi fashion cilik dan pemilihan Duta Sutra 2016.

"Untuk ajang pemilihan Duta Sutra, peserta yang terlibat tidak hanya dituntut memiliki keterampilan di atas panggung tetapi mampu memahami lebih utuh tentang perkembangan dunia fashion. Selain itu, mengetahui nilai luhur budaya Indonesia pada karya busana Nusantara terutama berbahan Sutra," tambahnya.

Dalam even nanti pihaknya akan menciptakan karya busana adat Sulsel, Baju Bodo dengan didesain langsung para desainer ternama Indonesia dengan mengembangkan konsep fashion baju Bodo dengan tampilan baru tetapi tidak merusak estetiknya.

Kegiatan Famme 2016 sekaligus merayakan eksistensi selama 11 tahun dengan menghadirkan designer ternama ndonesia seperti Poppy Dharsono, Ivan Gunawan, Anne Avante, Defrico Audy, Rudy Chandra, Sikie Purnomo, Ida Noer Haris, .

Akan hadir pula Jennahara dan Ria Miranda. Tema yang diusung "All About Beauty" mengingat keberadaan Femme menjadi indikator dari kemajuan Industri Fashion di tanah air secara khusus di kawasan timur Indonesia.

"Saya melihat Femme adalah Event Fashion terbesar di Kota Makassar, dan saya berharap kegiatan ini ke depannya bisa lebih luas lagi dan bisa menghadirkan sebuah gelaran fashion show yang lebih besar," kata desainer Ivan Gunawan dalam siaran persnya.

Menurut dia Famme akan menjadi satu cara untuk mengangkat keindahan dan kerajinan kain dari Sulawesi Selatan untuk di angkat ke Nasional agar ke depan orang di Bali, Jakarta, Jawa, dan di mana saja bisa mengetahui serta menggunakan produk produk dari Sulsel.

Mengenai apa saja produk fashion karyanya akan ditampilkan pada Famme 2016 nanti, kata dia, masih rahasia. Dirinya juga mengajak serta masyarakat dan media untuk mengikuti acara tersebut.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024