Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (PB FOPI) segera menggelar seleksi atlet untuk persiapan menghadapi kejuaraan mahasiswa se-ASEAN di Singapura, Juli 2016.

"Kita untuk tahun ini tengah mempersiapkan diri tampil di kejuaraan Petanque se-Asia Tenggara yang direncanakan di Singpura pada Juli 2016," jelas Ketua Umum PB FOPI Caca Isa Saleh saat dikonfirmasi dari Makassar, Selasa.

Untuk agenda seleksi, pihaknya berharap bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Dia meminta setiap daerah untuk lebih cepat dalam proses pembinaan dan sosialisasi agar bisa menyumbangkan atletnya bagi timnas di ajang tersebut.

Ia menjelaskan untuk masalah atlet sendiri memang sudah ada yang terpantau dari berbagai daerah namun pihaknya tetap memberlakukan seleksi untuk bisa mendapatkn atlet yang paling berpotensi meraih prestasi terbaik.

PB FOPI juga terus berupaya mengembangkan dan mempopulerkan cabang olah raga asal prancis itu ke daerah agar bisa mendapatkan lebih banyak atlet yang berkualitas.

"Untuk Sulsel yang baru saja kita lantik kepengurusannya, tentu kita harapkan bisa memberikan sumbangsihnya dengan melahirkan bibit atlet yang mampu memperkuat timnas di ajang internasional," katanya.

Ketua Pengprov FOPI Sulsel Fahruddin Rangga yang baru saja dilantik mengaku siap membawa olah raga ini bisa menjadi salah satu andalan Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional.

Dirinya juga meminta dukungan dari seluruh pihak agar seluruh program pembinaan atlet Sulsel ini bisa berkembang lebih maksimal.

"Kita tentunya optimistis bisa mengembangkan olahraga ini menjadi cabang unggulan di Sulsel. Setelah pelantikan ini, kami meminta seluruh pengurus untuk segera bekerja dan mensosialisasikan cabang ini ke masyarakat," ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir juga meminta para pengurus cabang olah raga untuk terus fokus dalam pembinaan atlet.

"Khusus untuk cabang pentaque ini memang lebih menarik karena bisa dilakukan segala usia.Saya kira Sulsel punya potensi besar menjadikan cabang ini sebagai olah raga unggulan kedepan,` ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024