Mamuju (ANTARA Sulbar) - Partai Golongan Karya (Golkar) mulai melakukan penjaringan yang ditandai dengan dibukanya proses pendaftaran bagi calon gubernur dan calon wakil gubernur dalam menghadapi momentum pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Barat Februari 2017.

"Partai Golkar Sulbar mulai melakukan penjaringan calon-calon potensial untuk diusung sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulbar," kata Sekretaris DPD Partai Golkar Sulbar, H Hamzah Hapati Hasan di Mamuju, Rabu.

Menurut dia, pembukaan pendaftaran ini dilakukan sesuai adanya surat perintah dari DPP Partai Golkar kepada Ketua DPD Partai Golkar provinsi se-Indonesia untuk segera melakukan penjaringan calon kepala daerah.

Ia mengatakan partai berlambang pohon beringin ini mengedarkan surat bernomor B-295/GOLKAR/III/2016 tanggal 24 Maret 2016 ditandatangani oleh Ketua Umum Aburizal Bakrie dan Sekjen Idrus Marham.

Karena itu kata Hamzah, dirinya pun langsung menggelar rapat dengan jajaran pengurus Harian Golkar Sulbar di ruang kerja Wakil Ketua DPRD Sulbar di Mamuju belum lama ini.

"Surat ini menjadi dasar bagi kami untuk melakukan penjaringan calon gubernur dan wakil gubernur. Artinya, kita harus mulai membuka pendaftaran dalam waktu dekat ini. Dalam waktu satu atau dua hari ini kita sudah mulai buka pendaftaran karena nama-nama calon sudah harus diusul ke DPP tanggal 15 April," ungkap Hamzah yang juga wakil ketua DPRD Sulbar ini.

Mekanisme penjaringan calon kepala daerah di Golkar dimulai dari penjaringan di tingkat kabupaten. DPD Golkar Kabupaten menetapkan 5 sampai 10 nama calon untuk diusulkan ke DPD Golkar provinsi. Lalu, Golkar provinsi menetapkan 3 hingga 5 nama calon untuk disampaikan ke DPP.

"Proses penjaringan akhir di DPP. Dari 3 atau 5 nama yang dikirim, maka DPP yang menetapkan satu nama untuk ditetapkan sebagai calon resmi yang akan diusung oleh Golkar," kata Hamzah.

Ia menambahkan, pendaftaran dipusatkan di Kantor Sekretariat Golkar Sulbar di Mamuju. Waktu pendaftaran berlangsung selama kurang lebih satu minggu. Pendaftaran kemungkinan dimulai pada hari Kamis tanggal 7 April 2016.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024