Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat ingin mewujudkan daerahnya menjadi daerah bersih dan sehat dan terbebas dari sampah.

"Gerakan cerdas pengelolaan sampah di sekolah yang telah diwujudkan di Mamuju Tengah diharapkan dapat mewujudkan Mamuju Tengah menjadi kota bersih dan sehat terbebas dari sampah," kata Kepala Bappeda Kabupaten Mamuju Tengah Sigit Dwi Hastono di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi gerakan cerdas pengelolaan sampah disekolah dan diharapkan itu dapat menjalar dimasyarakat secara luas di masyarakat.

"Pemerintah sangat mengapresiasi program tersebut dan diharapkan dapat terus dikembangkan bukan hanya disekolah tapi seluruh masyarakat sadar mewujudkan kota Mamuju Tengah menjadi daerah bersih dan sehat nantinya," katanya.

Menurut dia, Mamuju Tengah yang menjadi daerah otonom baru pada 2013 lalu, harus sejak dini diwujudkan sebagai daerah bersih dan sehat dan dapat terbebas dari sampah.

Ketua organisasi masyarakat Forum Persaudaraan Pemuda Sulawesi Barat Kabupaten Mamuju Tengah, Acong Supriadi juga berharap agar pemerintah di Mamuju Tengah tetap konsisten melakukan perencanaan pengelolaan persampahan agar Mamuju Tengah menjadi daerah bersih dan sehat dapat diwujudkan.

"Sampah masalah kota yang harus diantisipai karena perkembangan masyarakat yang cepat seperti di Mamuju Tengah, tentu akan membuat sampah meningkat, sehingga sejak dini harus direncanakan pengelolaan sampah yang baik mewujudkan daerah bersih dan sehat," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024