Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto memperkenalkan sejumlah kompetisi unik untuk warganya pada pagelaran Makassar City Expo 2016 yang akan digelar di Anjungan Pantai Losari pada 8-11 Mei 2016, salah satunya kompetisi bersiul.

"Ini adalah kompetisi yang unik dan baru ada di Makassar. Kenapa kita masukkan kompetisi bersiul ini karena memang MC Expo 2016 didesain supaya lebih fun," ujarnya di Makassar, Rabu.

Danny Pomanto -- sapaan akrab wali kota mengatakan, kompetisi Appoloi atau bersiul itu dimasukkan semata-mata hanya ingin memberikan kegembiraan dan keceriaan kepada masyarakat.

Disebutkannya, Makassar City Expo yang kedua kalinya dilaksanakan pada 8 Mei 2016 atau bertepatan dengan tanggal pelantikannya menjadi nakhoda Makassar akan menghadirkan banyak kegiatan.

"Konsepnya sama seperti tahun lalu, intinya adalah pertanggungjawaban publik pemerintahan DIA namun, ukurannya kali ini adalah bersihnya, kecepatannya, dan transparannya," katanya.

Sementara itu, panitia pelaksana Muh Ismounandar mengatakan kompetisi bersiul ini layaknya lomba menyanyi yang membawakan sebuah lagu merdu dan enak di dengar.

"Pak Wali Kota menginginkan pelaksanaan MC Expo 2016 lebih fun dengan menghadirkan kegembiraan secara bersama dengan keluarga. Salah satu ide beliau yakni lomba bersiul antarpelajar. Kompetisi ini tergolong unik dan baru pertama kali di gelar di Makassar, bahkan di Indonesia," ujarnya.

Ismounandar yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Makassar itu menjelaskan, peserta kompetisi ini akan dibawakan per kelompok dan bukan orang per orang.

"Ini seperti bernyanyi, cuma bedanya dibawakan dengan cara bersiul. Nanti kompetisinya secara berkelompok lima atau enam orang dalam satu kelompok, dengan durasi empat atau lima menit. Penilaiannya sama dengan lomba menyanyi dengan sejumlah kriteria penilaian," jelasnya.

Dari penulusuran di mesin pencari geogle, informasi mengenai pelaksanaan lomba bersiul masih sangat minim di gelar. Satu-satu informasi mengeni lomba bersiul pernah di adakan di kota Louisburg, Carolina Utara, Amerika Serikat, yang di ikuti oleh sejumlah pesiul berbakat dari berbagai negara.

Selain lomba bersiul, sejumlah kegiatan lainnya yang tidak kalah uniknya atau setidaknya ada 18 macam permainan akan dilaksanakan pada rangkaian MC Expo 2016.

Kepala Bidang Pendayagunaan Media, Diskominfo Kota Makassar, Andi Ardy Rahadian Sulham menyebutkan beberapa even yang sudah di siapkan untuk menambah kegembiraan warga Kota Makassar.

"Ada beberapa perlombaan seru yang melibatkan keluarga, misalnya lomba gendong istri atau denge race, lomba pukul bantal di atas air, lomba makan canggoreng, termasuk juga lomba merias istri yang dijamin akan menambah kemeriahan," sebutnya.

Kegiatan MC Expo 2016 digelar untuk memperingati dua tahun pemerintahan DIA (Danny-Ical) di Kota Makassar. Di tahun kedua ini, MC EXPO 2016 mengambil tema "Bersih, Cepat dan Transpran".

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024