Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Suawesi Barat meminta agar PT Nestle membangun pabrik kakao di Kabupaten Polewali Mandar sebagai tindak lanjut kerja sama antara Pemerintah Provinsi Sulbar dan PT Nestle.

"Kami harapkan PT Nestle sebagai perusahaan makanan dan minuman dapat membangun pabrik kakao di Kabupaten Polewali Mandar," kata Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Jumat.

Ia mengaku, setelah meninjau pabrik cokelat callier Nestley di Swiss, dirinya mendapat spirit dan motivasi untuk membangun pabrik kakao di Sulbar.

Menurut dia, dengan dibangun pabrik kakao maka petani akan meningkatkan produksi kakao untuk menjadi bahan baku di pabrik kakao yang akan dibangun.

Menurutnya, kakao di Indonesia khususnya di Sulbar juga ingin ditingkatkan kualitasnya agar dapat bersaing di tingkat internasional sesuai dengan target Presiden Republik Indonesia tahun 2020 bahwa Indonesia menjadi penghasil kakao nomor satu di dunia.

Gubernur Sulbar mengatakan, pembangunan pabrik kakao Polewali Mandar juga bertujuan agar kerja sama PT Nestle dengan pemerintah Sulbar yang sudah berjalan enam tahun dapat lebih di tingkatkan sehingga cokelat di Indonesai dapat berkualitas tinggi.

"Diharapkan kakao Sulbar dapat langsung masuk ke pabrik cokelat callier Nestle di Swiss dan tidak lagi melalui negara lain yang selama ini mengklaim kakao Indonesia sebagai kakao negaranya," katanya pula.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024