Manado (ANTARA Sulsel) - Pakar politik Universitas Sam Ratulangi, Dr Ferry Liando, mengatakan, Wali Kota Manado yang baru Vecky Lumentut, harus mengubah gaya kepemimpinan dari kompromistis ke otoriter.

"Dia harus mengubah total gaya kepemimpinanya, sebab keberhasilan pemerintahan sangat ditentukan oleh gaya kepemimpinan seorang kepala daerah," kata Liando, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, gaya kepemimpinan Lumentut yang dulu menyebabkan kondisi masyarakat Manado menjadi individualistis dan meredupnya rasa peduli kepada sesama.
Liando mengatakan untuk mengatasi hal tersebut, dalam kepemimpinannya pada periode 2016-2021, Lumentut harus menggunakan gaya kepemimpinan yang otoriter, tidak kompromistis dan keras.

Hal tersebut katanya, tidak selamanya negatif, justru dengan gaya kepemimpinan seperti itu, Liando optimistis masyarakat Manado akan berubah menjadi lebih baik.

"Gaya pemerintahan yang otoriter dimaksudkan itu, bukan untuk menakut-nakuti, tetapi untuk membuat masyarakat patuh dan disiplin, tidak perlu takut untuk mengubah gaya kepemimpinannya tersebut," katanya.

Apalagi menurutnya, sekarang sudah merupakan periode kepemimpinan yang kedua, sehingga tidak perlu khawatir akan kehilangan simpati dan tidak lagi terpilih sebab tidak mungkin akan mencalonkan diri kembali.

"Lagi pula Lumentut mendapatkan dukungan dari mayoritas masyarakat Manado, juga dari DPRD sebab ketua DPRD juga pimpinannya dari partai yang sama yakni Demokrat sehingga harus menghilangkan sikap kehati-hatian dan pencitraan," katanya.

Liando mengatakan, dalam lima tahun kepemimpinannya di periode yang pertama, sikapnya yang toleran, kebapakan, santun dan kompromistis telah menyebabkan Manado menjadi seperti tidak bertuan, orang-orang bebas melakukan apapun yang diinginkan.

Liando mencontohkan, orang merokok seenaknya di tempat umum, memutar kendaraan sekehendak hati, meminta izin untuk kegiatan keagamaan namun berakhir pada hal-hal yang bersifat keduniawian, membuang sampah sembarangan, mendirikan bangunan di sembarangan tempat sehingga menyulitkan banyak orang.

Hal-hal inilah menurut Liando yang harus diubah dalam kepemimpinanya di periode yang baru sehingga bisa membuat Manado menjadi lebih baik ke depannya. 

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor :
Copyright © ANTARA 2024