Citizen Journalism


    Setelah berhasil merancang dan menyusun agenda Pilot Project Pandu Gempita (Pelayanan Terpadu Gerakan Masyarakat Peduli Kabupaten Kota Sejahtera) oleh Kemensos RI tahun 2013 dan Selaras (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Masyarakat Sejahtera) oleh Bappenas dan Kemensos serta DFAT tahun 2015,
    Kini melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI, diberi kesempatan untuk menjadi Narasumber Lesson Learn pada kegiatan Rapat Koordinasi Program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Puskesos yang berlangsung di Merapi Merbabu Hotel Bekasi, tanggal 11-13 Mei 2016.
    Dimana peserta ini berasal dari 50 Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan 17 Kepala Dinas Sosial Propinsi se Indonesia yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI menjadi Model Pengembangan SLRT dan Puskesos sebagaimana telah tertuang didalam RPJMN 2014-2019.
    Kesempatan ini, ada kali kesekian untuk berbagi pengalaman dalam kerangka bagaimana semangat membangun Layanan Terpadu Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan di Kabupaten Bantaeng.
    Dimana, sejak Mei 2013 lalu, para pihak stakeholder melakukan penyamaan persepsi dan kesepakatan layanan terpadu, dan di Agustus 2014 telah ditetapkan Peraturan Bupati Bantaeng Nomor 28 Tahun 2014 tentang Pembentukan Unit Pelayanan Terpadu Sistem Penanganan Masalah Kesejahteraan Terpadu "Sipakatau".
    Pengalaman berbicara best practise tentang SLRT dan Puskesos, ini juga mengalami pasang surut di Bantaeng, dan terus berbenah dengan memanfaatkan aplikasi android Selaras dan kini telah melakukan pelayanan 1 x 24 Jam di Bantaeng.
    Awalnya, sedikit "nerveous" berhadapan dengan para Kadis yang sudah senior, namun karena semangat berbagi kami besar, maka kami mengakselerasi informasi tentang seputar Pelayanan UPT Sipakatau, dokumentasi aksi sosial, aktifitas mobile layanan yang ada di Bantaeng, dan termasuk dokumentasi komitmen Pemerintah Kabupaten Bantaeng oleh Bapak Bupati Bantaeng HM. Nurdin Abdullah dan Wakil Bupati Bantaeng HM. Yasin.

* Kadis Sosnakertrans Bantaeng selaku Kepala Sekretariat UPT SPMKS Sipakatau Bantaeng. Dilaporkan dari Merapi Merbabu Hotel Bekasi.

Pewarta : Syahrul Bayan *
Editor : Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024