Makassar (ANTARA Sulsel) - PSM Makassar sukses menghentikan hasil buruk setelah mengalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 3-2 dalam lanjutan kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) di Stadion Gelora Andi Mattalatta Makassar, Sulsel, Sabtu malam.

Kemenangan penting tim Juku Eja itu masing-masing dipersembahkan Ridwan Tawainella (menit ke-23), serta Ferdinand Sinaga pada menit ke 56 dan 60.

Adapun dua gol balasan dari Persiba Balikpapan dicetak Kurniawan Karman pada menit ke-47 serta Shohei Matsunaga pada menit ke 49.

Pelatih Kepala PSM Makassar, Robert Rene Albert usai pertandingan mengatakan bersyukur dengan kemenangan yang diraih. Dirinya juga mengaku bangga dengan penampilan para pemain muda PSM pada laga tersebut.

"Pada turnamen ini (TSC) hanya dua tim yang tidak menggunakan pemain asing yakni kami dan PS TNI. Namun kami belakangan ini telah menunjukkan permainan yang menjanjikan dan tentu sepatutnya disyukuri," katanya.

Sementara Pelatih Persiba Balikpapan, Jaino Matos mengaku PSM layak mendapatkan kemenangan dalam laga ini. Namun secara permainan tim, kata dia, baik PSM dan Persiba memang cukup merata.

Dirinya juga mengakui jika kemenangan PSM ini tidak lepas dari peran striker PSM Ferdinand Sinaga yang dalam pertandingan tersebut memang seperti menemukan kembali ketajamannya setelah tidak lagi mencekat gol dalam beberapa laga sebelumnya.

"Kita berhasil membalikkan keadaan sejak awal babak kedua. Namun gara-gara Ferdinand Sinaga membUat kita gagal meraih poin. Saya ucapkan selamat atas kemenangan PSM," ujarnya.

Untuk jalannya pertandingan sendiri, PSM yang sejak awal begitu berambisi mengakhiri empat kekalahan beruntun langsung mencoba mengambil inisiatif penyerangan.

Namun upaya itu belum begitu maksimal dan terlihat sulit berkembang. Bahkan permainan kedua tim pada babak pertama terlihat membosankan dengan tidak adanya peluang hingga pertengahan babak pertama.

Gairah stadion akhirnya baru bergema setelah lahirnya gol perdana Ridwan Tawainella pada saat pertandingan memasuki menit ke 23-.

Gol ini berawal dari umpan cantik M Rahmat yang berhasil disambar dan dieksekusi dengan sempurna pemain asal Tulehu tersebut. Gol ini sekaligus menutup pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persiba langsung mengambil kesempatan kurang fokusnya pemain PSM pada awal babak kedua.

Upaya ini memberikan hasil dengan lahirnya sepasang gol cepat terjadi di menit 47 melalui Kurniawan Karman dan menit 49 lewat Shohei Matsunaga.

Gol Kurniawan yang juga menjadi penyama skor menjadi 1-1 itu terjadi karena lengahnya lini pertahanan PSM.

Usai mengontrol bola, Kurniawan hanya dengan satu sentuhan berhasil menciptakan ruang kosong di luar kotak penalti PSM. Sepakan kerasnya akhirnya gagal diantisipasi Dimas Galih.

Dua menit kemudian, lemparan ke dalam diberikan untuk Persiba. Dengan cepat, si kulit bundar sudah berpindah ke kaki Matsunaga. Lini belakang PSM dibuat bingung. Reaksi mereka pun terlambat dan Matsunaga tanpa ampun melepaskan tendangan keras yang membuat Persiba unggul 2-1 atas tuan rumah.

Harapan PSM akhirnya tiba dengan lahirnya sepasang gol dari Ferdinand dicetak di menit 56 dan 60 sekaligus membuat PSM unggul 3-2. Gol dari mantan pemain terbaik ISL ini sekaligus mengantarkan PSM meraih kemenangan usai kalah empat kali secara beruntun.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024