Kupang (ANTARA Sulsel) - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Timur Yohanis Tay Ruba menegaskan, tidak ada serangan hama terhadap tanaman padi di Daerah Irigasi Mbay, Kabupaten Nagekeo, Flores.

"Saya baru saja melakukan komunikasi langsung dengan Kepala Dinas Pertanian di Nagekeo, dan mendapat penjelasan bahwa tidak ada serangan hama pada tanaman padi di kawasan Mbay," kata Yohanis Tay kepada Antara di Kupang, Selasa.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan pemberitaan di berbagai media  mengenai adanya serangan hama pada tanaman padi milik petani di kawasan Daerah Irigasi Mbay, dalam beberapa hari terakhir ini.

Menurut dia, jika terjadi serangan hama pada areal tanaman, maka pemerintah tidak mungkin tinggal diam.

Pemerintah kata dia, selalu siaga untuk mengambil tindakan pencegahan ataupun pemberantasan hama yang menyerang tanaman petani, dimanapun di NTT.

Kasus hama belalang di Kabupaten Sumba Timur misalnya, belum menyerang tanaman, tetapi pemerintah sudah mengambil langkah pencegahan, dengan melakukan penyemprotan, katanya.

Artinya, sekecil apapun hama yang dianggap merusak atau mengganggu tanaman, pasti akan diberantas, katanya menjelaskan.

Dia juga meminta para petani untuk melaporkan kondisi yang sebenarnya kepada pemerintah atau berkoodinasi dengan petugas penyuluh lapangan, jika terjadi serangan hama.

Pemerintah, katanya, tidak akan tinggal diam tetapi akan segera mengambil langkah penanganan.

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024