Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar menyambut hangat peserta dari Art Summit Indonesia 2016 yang diadakan di Benteng Rotterdam, 13-16 September.

"Terimah kasih atas kepercayaan pihak penyelenggara Art Summit Indonesia yang telah memilih Kota Makassar sebagai tempat kegiatan tiga tahunan ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Makassar Rusmayani di Baruga Anging Mammiri Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, di pilihnya Makassar sebagai salah satu pelaksanaan Art Summit Indonesia ini karena di kota ini, segala jenis kegiatan bertaraf lokal, nasional dan bahkan internasional selalu sukses digelar.

Bahkan, kata Rusmayani, kegiatan bertaraf internasional lainnya seperti Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 telah sukses digelar dari 8-10 September di anjungan City of Makassar.

Ia mengungkapkan, kegiatan bertaraf internasional lainnya juga sukses digelar seperti Pertemuan Wali Kota ASEAN (AMF) yang diikuti oleh 161 wali kota juga berjalan lancar dan aman pada akhir 2015.

"Tidak henti-hentinya Kota Makassar kedatangan tamu dari luar terbukti dari kegiatan Art Summit yang di hadiri oleh Komposer dari Filipina Jonas Bae membuktikan kalau Kota Makassar menjadi perhatian di pusat," katanya.

Diketahui, Art Summit Indonesia 2016 adalah program kegiatan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sudah sukses dilakukan selama beberapa tahun tersebut dan tahun ini merupakan pagelaran kedelapan kalinya.

Kemendikbud mendatangkan seniman seniman terkenal yang berasal dari luar dan dalam negeri yang tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Padang, Solo, Yogyakarta, dan Makassar.

Selain itu, pegelaran Art Summit Indonesia juga akan menampilkan seni pertunjukan seperti musik, tari dan teater dengan kontemporer akan menghadirkan musisi asal Filipina, Jonas Baes yang akan mengadakan lokakarya bersama 25 seniman terpilih asal Indonesia.

Produser Art Summit Indonesia, Rama Thaharani saat berkunjung ke rumah jabatan Wali Kota Makassar, pekan lalu, mengaku kegiatan ini pertama kalinya digelar di luar Pulau Jawa.

"Meski tempatnya berbeda, pegelaran Art Summit Indonesia tetap akan menghadirkan pertunjukan seni seperti musik, tari dan teater serta mendatangkan seniman seniman. Kegiatan ini terbuka untuk umum," katanya.

Dia menjelaskan, penyelenggaraan Art Summit Indonesia 2016 ini diselenggarakan oleh Kemendikbud yang bekerjasama dengan Yayasan Batara Gowa selaku mitra penyelenggara di Makassar serta dukungan dari Pemerintah Kota Makassar.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024