Mamuju (ANTARA Sulbar) - Luas lahan tanam padi di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat bertambah sekitar 10.000 hektare setelah program mensukseskan swasembada pangan di Mamuju dijalankan pemerintah.

"Sebelumnya pemerintah pusat hanya mentargetkan penambahan luas areal tanam padi di Mamuju sekitar 7000 hektare, namun berkat upaya pemerintah setempat jumlah tersebut bertambah," kata Dandim Mamuju 1418 Mamuju, Letnan Kolonel Imran di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, penambahan luas areal tanam padi di Mamuju bertambah menjadi 10,000 atau melebihi target yang ingin dicapai pemerintah pusat.

Menurut dia, dengan adanya perluasan areal tanam padi itu maka produksi dan produktivitas padi akan meningkat dan swasembada pangan optimis akan dapat dicapai.

"Pemerintah Kabupaten Mamuju Kerjasama dengan TNI kodim 1418 Mamuju telah melakukan gerakan penanaman padi serentak di lokasi cetak sawah baru wilayah Kodam VII Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju, juga sebagai upaya meningkatkan produksi padi menuju target swasembada pangan," katanya.

Ia berharap dengan peningkatan produksi dan produstivitas melalui perluasan areal tanam padi yang masih potensial ditingkatkan di Mamuju dapat mempengaruhi target swasembada pangan secara nasional.

Asisten II Pemkab Mamuju, Mas Agung, juga berharap petani terus memanfaatkan areal tanam padi yang sudah disiapkan untuk ditanami melalui penanam serentak untuk meminimalisir serangan hama penyakit tanaman padi yang mengganggu.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024