Makassar (ANTARA Sulsel) - Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin melaksanakan berbagai kegiatan dalam program Iptek Bagi Wilayah (IBW) di Kecamatan Mattirosompe Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan yang salah satunya pelatihan pengolahan limbah ternak menjadi biogas dan pupuk.

"Progam IBW juga telah melaksanakan pelatihan community development and capacity building, manajemen pemeliharaan sapi potong, serta teknologi pengolahan limbah jerami padi dan jagung sebagai pakan," kata Ketua Tim Pelaksana IBW, Prof Dr Ir Jasmal A Syamsu, dalam rilisnya di Makassar, Senin.

Program IBW merupakan program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan difokuskan pada membangun kemandirian masyarakat melalui pengembangan integrasi peternakan, pertanian tanaman pangan dan perikanan.

Kegiatan IBW dilaksanakan mulai tahun 2016, direncanakan berlangsung selama tiga tahun atas dukungan dan Kerjasama Pemerintah Kabupaten Pinrang, khususnya Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang.

Program ini merupakan salah satu upaya Unhas melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M) mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pinrang.

Pelaksanaan kegiatan IBW dengan topik tersebut, merupakan upaya sistematik mengekplorasi dan memanfaatkan seluruh potensi sumberdaya yang dimiliki oleh masyarakat menjadi produk yang bernilai tambah.

"Dengan introduksi pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh perguruan tinggi dengan melakukan alih teknologi dan pendampingan, yang bekerjasama dengan pemerintah daerah sehingga pada gilirannnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Terdapat tiga program strategis yang dilakukan adalah Program pengembangan kapasitas masyarakat, Program peningkatan pengetahuan, keterampilan dan penguasaan teknologi pertanian tanaman pangan, peternakan dan perikanan, serta Program pengembangan produk dan pemasaran hasil tanaman pangan, peternakan dan perikanan.

Program pembangunan pertanian di Kabupaten Pinrang merupakan program strategis yang diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat petani melalui penguatan kualitas produk pertanian, stabilitas harga, penguasaan pangsa pasar, peningkatan nilai tambah peroduktivitas pertanian tanaman pangan, peternakan melalui pendekatan agribisnis.

Visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pinrang 2014 - 2019, yaitu Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Secara Dinamis melalui Harmonisasi Kehidupan, Akselerasi Produktivitas Kawasan, dan Revitalisasi Peran Poros Utama Pemenuhan Pangan Nasional.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024