Makassar (ANTARA Sulsel) - Sampoerna University menggelar talkshow "Passion For Future: Creative Business For Millennial" untuk memotivasi para generasi muda dalam berwirausaha di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Tiga pemateri yang sengaja dihadirkan dalam kegiatan itu yakni Rizky Muhammad (Founder Youthmanual.com), Chaerany Putri (Founder Gerak Cepat dan Wakil Rektor Sampoerna University Dr M Gunawan Alif itu juga memberikan ilmu yang penting bagi para generasi muda yang berasal dari berbagai sekolah di Makassar.

"Ditengah persaingan ketat dunia kerja sata ini, munculnya para wirausaha muda Indonesia yang berhasil merintis bisnis. Mereka bahkan sudah dikenal dimancanegara dan tentunya merupakan suatu kontribusi besar yang ikutmemperkuat struktur perekonomian bangsa," katanya dihadapan puluhan siswa yang hadir dalam acara tersebut.

Selain itu, kata dia, dengan berwirausaha sekaligus menciptakan lapangan kerja yang lebih luas untuk menyerap tenaga kerja lokal.

Seiring dengan kompetisi yang kian ketat khususnya di era MEA, maka upaya untuk membangun bisnis perlu terus dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya.

Menurut dia, salah satu hal terpenting dalam membentuk kewirausahaan andal melalui sektor pendidikan yang menekankan pentingnya kepemimpinan, kewirausahaan, dan tanggung jawab sosial.

Khusus untuk Sampoerna University, kata dia, sebagai bagian dalam Sampoerna Schol System memiliki ketiga hal tersebut saat menerapkan pendidikan di Amerika berbasis science, technology, engineering, arts, ant math (STEAM) yang mampu mendorong kemampuan akademik pada mahasiswanya.

"Semua ini dilakukan agar mahasiswa mudah beradaptasi pada kemajuan teknologi dan perubahan sosial, agar mereka memiliki kemampuan untukmemecahkan masalah sehingga mereka siap berkompetisi ditingjat nasional ataupun global.

"Dunia ekonomi saat ini berubah begitu cepat, dari yang tadinya tradisional menjadi dunia ekonomi yang lebih modern serta begitu dipengaruhi oleh interntet dan teknologi," jelas Risky dihadapan para siswa.

Ia menjelaskan, kemajuan teknlogi tidak dipungkiri begitu membantu untuk berwirausaha, namun kejelian untuk melihat dan merealisasikan peluang bisnis tetap menjadu yang paling mutlak dimiliki agar dapat sukses.

Gerenarasi masa depan dharuslebih percaya diri dalam berkompetensi di pasar global, mampu mengidentifikasi kesempatan-kesempatan baru, tidak takut menciptakan ide serta dapat beradaptasi secara cepat terhadap perubahan yang sangat mungkin terjadi.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024