Makassar (ANTARA Sulsel) - Lebih dari 200 ribu orang ikut ambil bagian pada Hari Ulang Tahun ke-409 Kota Makassar dengan mengikuti jalan sehat berhadiah ratusan juta rupiah.

"Alhamdulillah jalan sehat memperingati ulang tahun Kota Makassar berlangsung sukses. Antusiasme terlihat dengan banyak peserta yang hadir mencapai ratusan ribu orang," kata Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, di Makassar, Minggu.

Peserta jalan sehat yang ikut meramaikan berasal dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Makassar, pelajar, anggota TNI/Polri, dan masyarakat umum. Bahkan ada juga peserta yang berasal dari Provinsi Gorontalo.

Peserta jalan sehat itu dilepas oleh Wali Kota Danny Pomanto bersama Gubernur Sulawesi Selatan Dr Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal, Sekretaris Kota Makassar Ibrahim Saleh, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Muh Roem, dam Ketua DPRD Makassar Farouk M Beta.

Peserta berjalan melewati rute Jalan Dr Sam Ratulangi berbelok ke Jalan Haji Bau, kemudian ke Jalan Penghibur lanjut ke Jalan Ujung Pandang lalu berbelok ke Jalan Ribura`ne dan finis di Lapangan Karebosi Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Sekitar 100 orang panitia yang tersebar di sepanjang Jalan Haji Bau untuk memotong kupon peserta yang nantinya akan diundi di tribun Lapangan Karebosi yang menjadi titik finis.

Total hadiah yang diperbutkan peserta jalan sehat sebesar Rp475 juta yang terdiri dari hadiah utama berupa 1 unit rumah, 2 unit mobil Toyota Agya E MT, 2 paket umrah, dan 5 unit sepeda motor Yamaha N-Max.

Hadiah hiburan berupa 20 unit televisi LED 32 inci, 25 unit lemari es, 20 unit sepeda Polygon, 50 keping emas murni, 100 tabungan BRI senilai Rp1 juta, 50 HP, 50 DVD player, dan 150 voucer bimbingan belajar JILC.

Sejumlah hadiah tersebut berasal dari sponsor penuh, ada pula yang diperoleh dengan harga diskon dari sponsor, dan sebagian lainnya disiapkan oleh panitia pelaksana.

Anggaran hadiah itu, menurut panitia, tidak menggunakan dana APBD melainkan dari hasil penjualan kupon jalan sehat dan dukungan sponsor yang sifatnya tidak mengikat.

Pengumuman pemenang undian jalan sehat akan disampaikan melalui media cetak lokal terbitan Senin (7/11), dan peserta dapat mengklaim hadiahnya dengan membawa potongan kupon undian disertai kartu identitas yang masih berlaku ke kantor BKD Makassar, gedung balai kota lantai 2, Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Panitia pelaksana menyediakan waktu 15 hari bagi pemenang untuk mengklaim hadiah jalan sehat itu.

Selain bertabur hadiah, peserta Jalan Sehat HUT 409 Kota Makassar juga dihibur oleh artis ibu kota Vidi Aldiano dan Judika yang membawakan lagu-lagu hits mereka dari tribun Lapangan Karebosi.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta jalan sehat yang telah mengikuti kegiatan dengan tertib dan mampu menjaga situasi kota tetap aman dan terkendali.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024