Makassar (ANTARA Sulsel) - Para pejabat Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal VI) melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Makassar dalam rangka memperingati Hari Armada RI 2016.

Wakil Komdan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman yang mewakili Danlantamal Laksamana Pertama TNI Yusup, Sabtu, memimpin jajarannya dalam tabur bunga di TMP Panaikang.

"Seperti kita ketahui, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa-jasa dari para pahlawannya, para pendahulu kita yang telah berjuang keras dalam menjaga dan mempertahankan NKRI ini," ujarnya.

Sebelum tabur bunga, dilaksanakan upacara untuk mendoakan dan mengenang para pahlawan itu diikuti oleh personel Lantamal VI yang terdiri dari pleton Pamen, Pama, Bintara, Tamtama Pasukan Marinir, Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam upacara tersebut bergabung pula empat peleton PNS PU (Pekerjaan Umum) Pemprov Sulsel yang kebetulan peringatan ziarah hari Armada RI ini bersamaan dengan peringatan hari bakti PU ke -71.

Acara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan mengheningkan cipta. Kemudian peletakan karangan bunga oleh Wadan Lantamal VI depan Monumen Pahlawan Panaikang.

Usai upacara dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan kusuma bangsa oleh pimpinan ziarah diikuti seluruh rombongan ziarah.

Dalam kesempatan ini, Wadan Lantamal VI mengunjungi dan tabur bunga di pusara Pahlawan Nasional Robert Wolter Monginsidi dan Emmy Saelan serta 29 makam parajurit TNI AL yang di makamlan di TMP Panaikang.

Selanjutnya Kolonel Marinir Rasman M.Tr (Han) berkenan mengisi dan menandatangani buku tamu sebelum meninggalkan taman makan pahlawan Panaikang.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024