Makassar (ANTARA Sulsel) - Kontingen Sulawesi Selatan mengandalkan lima cabang olahraga untuk merebut medali emas pada ajang Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Sport Council Friendship Games di Samarinda, Kalimantan Timur, 6-12 Desember.

Sekretaris BIMP-EAGA Sulsel Nukhrawi Nawir di Makassar, Selasa, mengatakan lima cabang yang diharapkan mewujudkan target juara umum itu masing-masing karate, pencak silat, atletik, sepak takraw dan bulu tangkis.

"Lima cabang ini memang menjadi harapan penyumbang medali emas untuk Sulsel. Apalagi cabang itu sudah membuktikan kapasitasnya pada pelaksanaan BIMP-EAGA sebelumnya," kata dia.

Sulawesi Selatan pada ajang kali ini tampil di 11 cabang olahraga termasuk diantaranya bola basket, futsal, voli pantai, panahan, tenis, tenis meja termasuk golf yang dipertandingan secara eksibisi.

Untuk cabang yang tidak menjadi andalan Sulsel, dirinya tetap berharap memberikan kejutan pada pelaksanaan tahun ini. Apalagi peluang beberapa cabang yang lainnya juga masih cukup terbuka.

Para atlet yang diturunkan juga memiliki banyak potensi untuk merebut medali karena memiliki banyak pengalaman diberbagai kejuaraan baik tingkat domestik dan nasional.

"Kami sudah mempersiapkan atlet sejak beberapa bulan guna merealisasikan target juara umum. Mudah-mudahan atlet yang terpilih bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya dilaga nanti," ujarnya.

Mengeai kekuatan lawan yang dinilai bisa menjadi penghalang Sulsel mewujudkan target sebagai juara umum, dirinya mengaku ada beberapa daerah yang memang patut menjadi kewaspadaan seperti diantaranya dari Sabah, Malaysia.

Selain itu, kata dua, kontingen yang juga punya potensi penjegal ambisi Sulsel tampil sebagai yang terbaik yakni dari kontingen dari Palawa (Filipina) dan wakil Brunei Darussalam.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024