Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan segera mengeluarkan surat edaran untuk mengumpulkan semua bantuan masyarakat untuk korban bencana alam gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi DI Aceh yang terjadi Rabu(7/2016).

"Duka saudara kita di Pidie juga menjadi duka bagi Makassar. Semoga bantuan yang nantinya kita serahkan dapat mengurangi kesedihan saudara - saudara kita korban gempa Pidie," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Masjid Raya Makassar, Jumat.

Surat edaran yang akan dikeluarkan wali kota itu akan diteruskan kepada semua fungsi termasuk di masjid-masjid untuk menghimpun bantuan masyarakat.

Danny -- sapaan akrab wali kota mengatakan, semua bantuan kemanusian dari masyarakat Makassar itu nantinya akan disatukan dan langsung diserahkan ke Bupati Pidie Jaya, Aiyub Ben Abbas.

"Masjid-masjid di 14 kecamatan itu akan menjadi sentral dalam menghimpun bantuan masyarakat buat saudara-saudara kita yang terkena musibah," katanya usai menggelar Salat Ghaib di Mesjid Raya.

Bantuan yang terkumpul dari mesjid - mesjid di Makassar akan disatukan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dijadwalkan berlangsung 12 Desember nanti.

Sambil menunggu terbitnya surat edaran, Wali Kota Danny memanfaatkan momentum shalat Ghoib untuk mengumpulkan bantuan dari jamaah mesjid Raya Makassar yang berhasil mengumlulkan donasi sebesar Rp 20 Juta bagi korban gempa Pidie.

Diketahui gempa berkekuatan 6.5 SR melanda kabupaten Pidie Raya, provinsi DI Aceh pada Rabu, 7 Desember 2016 lalu yang mengakibatkan korban meninggal hingga 103 orang, luka berat dan luka ringan mencapai 8.000 - an orang.

Kepedulian Wali Kota Danny bagi korban gempa Aceh juga ditunjukkan saat Aceh dilanda tsunami pada 2004 lalu dengan mendesain rumah pasca gempa bagi warga Aceh yang selamat dari musibah tsunami.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024