Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VI, Kolonel Marinir Rasman melepas para prajuritnya yang akan bertugas di Pos Pengamat (Posmat) TNI Angkatan Laut, Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Posmat sangat penting karena merupakan unit kerja kepanjangan mata dan telinga Lantamal VI dalam mengemban tugas dan fungsi pengamatan dan penginderaan aspek maritim," ujarnya di Lapangan Arafuru, Mako Lantamal VI Makassar, Jumat.

Kolonel Rasman mengatakan, pos pengamat TNI AL di Selayar sebagai deteksi dan monitoring kegiatan yang berada langsung di bawah wilayah Lantamal VI dalam rangka pengumpulan data intelijen maritim serta kegiatan keamanan laut terbatas.

Adapun Tim Satgas Selayar berjumlah enam orang yang dipimpin langsung oleh Letnan Dua (Letda) Marinir Andi H sebagai Komandan Posmat (Danposmat).

Dalam arahan Kolonel Rasman, dirinya berharap prajurit Satgas Posmat Selayar bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan setempat dan menjalin hubungan kerja sama dengan semua pihak.

"Jalin kerja sama dan tingkatkan komunikasi serta koordinasi dengan instansi TNI-Polri, pemerintah daerah dan masyarakat setempat, bangun hubungan harmonis dan saling mendukung dalam tugas-tugas," tegasnya.

Lebih lanjut, Rasman mengharapkan anggota jaga Posmat dalam melaksanakan tugas harus memperhatikan rambu-rambu hukum dan kehadirannya memberi manfaat kepada masyarakat.

"Ingat selali, perhatikan rambu-rambu hukum tetap bekerja sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) dan yang tidak kalah pentingnya adalah kehadiran kita di sana untuk memberikan manfaat kepada masyarakat," jelasnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024