Mamuju (Antara Sulbar) - Calon gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar (ABM) bertekad akan menekan angka jumlah pengangguran jika kelak terpilih dalam kontestasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur 15 Februari 2017.

"Program utama yang akan saya kerjakan jika mendapat amanah rakyat adalah menekan angka pengangguran serta mengurangi angka kemiskinan. Dengan begitu, maka geliat ekonomi masyarakat Sulbar akan terus membaik," kata Ali Baal Masdar saat berada di Mamuju, Senin.

Menurutnya, untuk membuka lapangan kerja yang baru maka pemerintah hendaknya membuka Balai Latihan Kerja (BLK) di setiap kabupaten.

"Sangat penting dimaksimalkan BLK agar lulusan SMK sederajat kelak memiliki skill yang mumpuni. Jika itu dilakukan maka yakinlah pemerintah akan berhasil menekan angka pengangguran," kata mantan bupati Polewali Mandar selama dua periode ini.

Calon gubernur nomor urut tiga ini berpendapat, keberadaan BLK ini jelas dapat memberikan keahlian kepada pemuda yang ingin mendalami keahliannya.

"Tidak akan ada pembebanan biaya. Hal ini dapat menjadi semacam jalan keluar untuk siswa yang membutuhkan ketrampilan khusus bahkan BLK juga menjadi semacam ujung tombak untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru," terangnya lagi.

Ali Baal mengatakan, dengan keahlian yang mereka punya, maka pemuda bisa saja membuka usaha hingga bisa membuka juga lapangan pekerjaan, jadi BLK menjadi motor dalam mengurangi pengangguran.

Selama ini kata dia, pemerintah provinsi Sulbar yang dimotori gubernur dua periode Anwar Adnan Saleh, telah meletakkan dasar pembangunan yang begitu baik.

"Kami tinggal melanjutkan saja yang baik-baik dan menyempurnakan pembangunan yang belum tuntas. Itu yang akan kami kerjakan bersama calon wakil gubernur Enny Anggraeni Anwar," terang Ali.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024