Makassar (Antara Sulsel) - Jelang verifikasi KPUD, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kecamatan Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan mengelar Musyawarah Cabang.

"Hari ini penutupan pendaftaran bakal calon untuk pelaksanaan Musyawarah Cabang dan 14 DPC sudah menyetorkan nama-namanya," kata Ketua Panitia Muscab DPC PAN Makassar Muh Umar Kadir, Selasa.

Menurutnya, nama-nama tersebut kemudian diserahkan kepada Ketua DPD PAN Makassar, Hamzah Hamid untuk melakukan verifikasi calon formatur selanjutnya dilakukan Musyawarah Cabang pada tingkat Kecamatan.

"Kami sisa menunggu DPD II Makassar menetapkan nama-nama itu, tapi sebelumnya dilakukan verifikasi berkas, dan menetapkan pengurusnya," kata Umar.

Ketua bidang POK DPD PAN Makassar tersebut menjelaskan pemilihan akan dilakukan sesuai kebijakan partai melalui Musyawarah Kerja Nasional atau Mukernas PAN.

Selanjutnya, lanjut dia, DPD II PAN Makassar akan menetapkan 4 formatur untuk melakukan musyawarah mufakat dengan menyusun struktur partai besutan Amin Rais itu.

"Dalam waktu dekat kita gelar lakukan Muscab, setelah diverifikasi serta sudah penetapan formatur kita langsung jadwalkan pelaksanaannya, paling lambat akhir bulan ini ," tuturnya.

Umar mengemukakan apabila ada DPC hanya memiliki tiga bakal calon, maka DPD II PAN Makassar tetap memiliki kewenangan untuk menambahkan satu formatur.

"Kalaupun tidak ada kesepakatan dalam hasil musyawarah maka, pengurus PAN Makassar akan mengambil alih untuk menunjuk langsung, seperti yang dilakukan pada tingkat DPW PAN Sulsel," paparnya.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Media dan Informasi Publik PAN Makassar, Syarifuddin mengatakan pelaksanaan Muscab Kecamatan itu bertujuan untuk persiapan verifikasi faktual oleh KPUD setempat.

Hal tersebut merupakan salah satu prasyarat sebagai partai peserta Pemilu tahun 2019 dan sudah menjadi keharusan seluruh parrai harus punya kepengurusan di tingkat kecamatan, dan kelurahan atau ranting.

"Kami sengaja lakukan percepatan, bulan ini ada 14 pengurus DPC segera kita rampungkan kepengurusannya. Kemudian setelah itu formatur ditetapkan dengan diberikan waktu satu, dua minggu untuk melakukan musyawarah mufakat," sebutnya.

Selain itu, lanjut dia, setiap calon ketua harus menandatangani fakta integritas agar membuka jaringan baru, minimal tiga orang per-Kelurahan, lalu dilakukan secara tersistematis hingga tingkat RT dan RW.

Mengenai jadwal Muscab, kata dia, terlebih dahulu pihaknya melakukan rapat dan melibatkan seluruh pengurus DPC se-Kota Makassar.

"Jadwal Muscabnya kita akan tentukan pada rapat selanjutnya, Sebab, ini masih pada tahapan proses verifikasi. Jadi, intinya kita target bulan Februari semua DPC harus rampung," tambah dia.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024