Makassar (Antara Sulsel) - Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts tetap bersyukur meski dikalahkan Persela Lamongan dengan skor 1-2 dalam lanjutan Piala Presiden Grup 3 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Minggu.

"Saya memang tidak fokus melihat hasil pertandingannya. Yang paling penting pemain kita tidak ada yang mengalami cedera (dalam pertandingan tersebut)," kata Pelatih PSM Robert Rene Alberts, saat dikonfirmasi dari Makassar, usai pertandingan.

Ia menjelaskan pihaknya sudah melaksanakan dua kali pertandingan dan semuanya memang berakhir dengan kegagalan meraih poin. Kondisi itupun membuat pihaknya harus rela angkat koper lebih awal dari turnamen pra musim tersebut.

Namun demikian, dirinya juga mengaku tidak begitu mempersoalkan hasil yang diraihnya di turnamen yang diikuti 20 tim tersebut. Sebab tujuan utama tim pelatih yakni memberikan kesempatan bagi seluruh pemain untuk tampil menghadapi lawan yang seimbang.

Terkait penampilan kedua tim, pelatih asal Belanda itu juga mengaku jika pertandingan berada di tingkat yang lebih rendah. Kedua tim juga masih banyak mengalami kesalahan karena dipaksa bermain maksimal selama tiga minggu pra musim.

"Intinya hasil ini tidak terlalu penting. Kita sudah menjalani dua pertandingan dan tidak ada pemain yang mengalami cedera," ujarnya.

Sebelum berangkat ke Bandung jelang laga, Pelatih asal Belanda itu sudah menegaskan tidak menargetkan kemenangan saat menghadapi Persela Lamongan pada pertandingan tersebut.

Menurut dia tim pelatih pada pertandingan tersebut lebih memfokuskan untuk memberikan kesempatan bagi setiap pemain untuk bisa menampilkan kemampuan terbaiknya.

Adapun hasilnya apakah akan meraih kemenangan atau justru harus kembali mengalami kekalahan, tidak menjadi fokus utama bagi pelatih asal Belanda tersebut.

Apalagi turnamen ini memang hanya dijadikan sebagai ajang pra musim sebelum berlaga di kompetisi sebenarnya yakni Liga 1 yang baru akan bergulir pada 26 Maret 2017.

Selain itu, dirinya juga berharap agar setiap pemain bisa keluar dari pertandingan tanpa mengalami cedera. Sebab jika terjadi justru akan memberikan kerugian yang begitu besar pada tim kebanggaan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024