Makassar (Antara Sulsel ) - Pameran Sulawesi Education dan Techno Expo 2017 di Gedung Celebes Convention Centre (CCC) Makassar oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyedot perhatian pelajar khususnya stand milik Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal-VI) yang banyak diserbu.

"Sejak dibuka oleh pak gubernur (Syahrul Yasin Limpo) para peserta lebih banyak datang ke stand sini karena mereka mau tahu lebih banyak tentang TNI AL," ujar Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, stand yang disiapkan untuk TNI AL bersama TNI AD dan AU itu banyak diserbu karena semua hal tentang TNI dipajang sebagai bahan edukasi untuk pelajar SMA itu.

Stand Pameran TNI AL yang disiapkan itu menampilkan unsur profil lembaga pendidikan TNI AL diantaranya tentang Sekolah Tinggi Teknik Angkatan Laut (STTAL), Akademi Angkatan Laut (AAL).

Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) dan lembaga Pendidikan (Lemdik) TNI AL lainnya serta beberapa atribut pakaian dinas TNI AL di Lemdik dan beberapa pucuk senjata yang dimiliki oleh TNI AL beserta spesifikasinya.

"Ternyata minat mereka sangat tinggi, ada yang bertanya tentang masa pendidikan, proses pendaftaran, jenis senjata dan satuan-satuan tempur dalam TNI AL," katanya.

Menurut dia, umumnya para peserta yang bertanya itu memiliki keinginan untuk mendaftar jika mereka lulus dari masa pendidikan akhirnya di tingkat SMA.

"Banyak yang mengaku mau mengabdi, mau jadi tentara. Banyak yang tanyakan persyaratan-persyaratan dan persiapan-persiapan tujuannya agar mereka menyiapkan sedini mungkin untuk ikut tes di tahun-tahun mendatang," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di stand TNI Angkatan Laut (AL) yang banyak dikunjungi oleh para pelajar memberikan saran agar menempuh karir di militer atau tetap melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Bagaimana anak-anaku semua, apakah kalian semua ingin menjadi tentara?, jika memang anak-anaku punya keinginan menjadi tentara, maka persiapkan dari sekarang," ujar SYL saat menghampiri para pelajar tersebut di stand milik TNI AL.

Gubernur mengatakan, minat para pemuda di Sulsel untuk menjadi prajurit sangat tinggi, apalagi di TNI AL yang memang berdasarkan sejarah Sulsel itu banyak menghabiskan waktu di laut.

"Nenek moyang kita itu terkenal sekali sebagai pelaut ulung bahkan kapal yang melegenda seperti Pinisi itu telah mengarungi perairan antar benua dan itu semua dari mana, yah dari kampung kita di Sulsel," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024