Makassar (Antara Sulsel) - Tim pelatih PSM Makassar memasukkan Bali United sebagai calon lawan tanding tim Juku Eja saat melaksanakan pemusatan latihan di Bali yang dimulai pada 24 Februari 2017.

Asisten Pelatih PSM Herman Kadiaman di Makassar, Selasa menyatakan pihaknya memang mengagendakan sebanyak empak kali uji coba saat menjalankan program pusat pelatihan selama kurang lebih dua pekan di provinsi tersebut.

"Untuk tim mana saja yang akan menjadi lawan tanding, kami tentunya masih akan melakukan lobi-lobi kepada beberapa tim saat tiba di Bali. Tentunya termasuk Bali United yang memang bermarkas disana," katanya.

Pelaksanaan pemusatan latihan lanjutan ini tentu saja sebagai upaya untuk lebih mematangkan persiapan tim sebelum berlaga di kompetisi resmi Liga 1 2017.

Program ini dinilai penting karena masih banyaknya persoalan atau kelemahan yang terjadi saat tim kebanggaan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan itu berlaga di turnamen pra musim Piala Presiden 2017.

Tim pelatih mengakui masih banyak persoalan yang harus dibenahi sebelum tampil di kompetisi sebenarnya. Bahkan setiap lini baik belakang, tengah dan depan masih harus dievaluasi jika ingin bersaing dalam perebutan gelar juara Liga 1 2017.

"Semua lini menjadi fokus evaluasi. Makanya kami dalam pemusatan latihan yang direncanakan selama dua minggu itu tetap mengagendakan menggelar uji coba sebanyak empat kali," sebutnya.

Selain itu, tim pelatih PSM Makassar menyambut gembira terhadap kemungkinan pengunduran jadwal kompetisi resmi Liga 1 oleh PSSI yang awalnya direncanakan 26 Maret menjadi April 2017.

Menurut dia, jika ternyata kabar penguduran jadwal kompetisi itu benar maka tentu pihaknya memiliki waktu tambahan dalam mempersiapkan tim secara maksimal kedepan.

Jadwal pelaksanaan Liga 1 yang sudah dekat memang sempat membuat tim pelatih pada awalnya sampai menolak untuk berpartisipasi di ajang pra musim Piala Presiden 2017.

Kondisi tim yang baru beberapa minggu berlatih dan langsung diwajibkan tampil di turnamen Piala Presiden 2017, membuat Pelatih Kepala PSM Makassar Robert Rene Alberts mengaku tidak mengerti dan bingung harus melakukan apa.

Apalagi karena tujuan utama pelatih asal Belanda itu yakni bersaing di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia tersebut.

"Kita bersyukur jika memang pada akhirnya kompetisi Liga 1 diundur yang dengar-dengar baru dilaksanakan pada April 2017. Jika memang ditunda, kita bisa siapkan tim lebih matang lagi," jelasnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024