Makassar (Antara Sulsel) - Tim Institut Karate-do Nasional Sulawesi Selatan menempati posisi empat klasemen akhir kejuaraan nasional Inkanas Piala Kapolri di Semarang, Jawa Tengah, 9-11 Maret 2017.

Pengurus Inkanas Sulsel, Mursalim Badoo saat dikonfirmasi dari Makassar, Minggu, menyatakan posisi itu didapatkan setelah mengumpulkan sebanyak 15 medali emas, tujuh medali perak dan sembilan medali perunggu.

"Namun kami bersyukur dan bangga setelah menutup kejurnas dengan indah usai melibas tim juara umum DKI sekaligus meraih medali emas pada pertandingan terakhir kumite beregu putra kelas paling bergengsi," jelasnya.

Tim Inkanas Sulsel di kejurnas Inkanas Piala Kapolri 2017 kalah perolehan medali dari tiga tim teratas masing-masing dari DKI Jakarta yang juga tampil sebagai juara umum 18 medali emas, 12 perak dan 32 perunggu.

Selanjutnya dari tim Jawa Barat diposisi runner-up dengan raihan 16 medali emas, 17 medali perak dan 24 medali perunggu.

Sementara untuk posisi ketiga ditempati kontingen Sumatera Utara dengan perolehan 16 medali emas, tujuh perak dan 12 perunggu.

Untuk perolehan medali emas yang dikumpulkan para atlet terbaik Sulsel yakni Krisda Putri Aprilia, Nuriska Fauziah, Nadya Baharuddin (kata beregu putri), Nuriska Fauziah (kata perorangan putri), Muhammad Rafly Saputra, Anugreh Prasetyo, Andi Muahmmad Agung (kata beregu putra junior).

Selanjutnya, Muhammad Rafli Saputra (kata perorangan putra cadet), Muhmammad Rozi Asri (kumite cadet +70kg), Farhat Risman Pratama (kumite pemula puta -40 kg), M Gibran (kumite putra pemula +50jg), Zesar (kumite putra U-21 kelas 65kg), Febi Ramadhan Saputra (kumite putra U-21 kelas -75kg), serta Yudi Prayogo Saputra yang turun di kumine senior putra -55kg.

Tim Sulsel sebelumnya menurunkan 60 karateka untuk mengikuti 32 kategori atau kelas di kejuaraan nasional Inkanas Piala Kapolri di Semarang, Jawa Tengah, 9-11 Maret 2017.

Ia menjelaskan, dari 60 atlet yang kini terus dimatangkan kemampuannya itu, 18 diantaranya merupakan atlet yang berhasil lolos dalam seleksi terbuka untuk berlaga di kejurnas Piala Mendgari 2017.

Artinya para atet tersebut lebih dulu akan dipanaskan di Kejurnas Inkanas Piala Kapolri sebelum memperkuat kontingen Sulsel bersaing meraih prestasi di ajang Piala Mendagri 2017.

"Kami sudah menetapkan 60 atlet yang akan tampil diberbagai kategori dan kelas pertandingan. Kami tentunya berharap bisa meraih prestasi terbaik dalam pelaksanaan kali ini," sebut pelatih karate Sulsel tersebut.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024