Mamuju (Antara Sulbar) - Sekertaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat Ismail Zainuddin meminta agar aparat sipil negara di provinsi itu tidak asal mencontoh program daerah lain tanpa menyesuaikan dengan sumber daya manusia yang dimiliki.

"Jangan asal mencontoh daerah lain, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki tidak sesuai dan mampu untuk menjalankan program yang dicontoh, karena itu dapat merugikan daerah," katanya di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan ASN di Sulbar mesti melahirkan inovasi untuk kemajuan pembangunan daerah, dengan terus berupaya meningkatkan SDM.

"Pahami teknologi yang sudah semakin pesat kemajuannya, jangan hanya meniru daerah lain, pahami mental masyarakat dan kondisi geografis daerah kita," katanya.

Menurut dia, program daerah lain belum tentu bisa dilaksanakan di Sulbar sehingga jangan ditiru. ASN harus melakukan pengkajian dengan cermat dalam melaksanakan tugas pembangunan.

Ia mengatakan SDM Sulbar masih menjadi kendala dalam melaksanakan pembangunan sehingga Pemprov Sulbar akan terus meningkatkan SDM aparat pemerintahnya.

"Karena SDM salah satu faktor utama menentukan keberhasilan pembangunan suatu daerah maka SDM daerah ini akan terus ditingkatkan, aparat daerah ini tidak boleh tertinggal sehingga kualitas pemahaman akan teknologi harus ditingkatkan," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024