Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar meminta PT Angkasa Pura I ikut berkontribusi dalam membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

"Makassar adalah pintu gerbang kawasan timur Indonesia dan jika mau berkunjung kemana pun, pasti singgah dulu di Makassar," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat menerima kunjungan dari manajemen PT Angkasa Pura I di rumah jabatannya, Jumat.

Ia mengatakan, sektor pariwisata saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota lainnya di Indonesia tidak terkecuali Makassar yang memang sudah sangat siap.

Pada pertemuan itu, Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto cukup serius memparkan satu persatu keunggulan dan prestasi kota Makassar kepada pihak Angkasa Pura I.

Menurut dia, untuk meningkatkan sektor pariwista di kota ini berbagai even dan kegiatan telah dilaksanakan, seperti Forum Internasional Festival (F8). Asen Mayor Forum (AMF) dan beberapa kegiatan menarik lainnya.

"Untuk mengenalkan budaya dan wisata kita di Makassar, setiap tahun kita gelar kegiatan F8 dimana semua potensi wisata dan icon makassar diperkenalkan kepada dunia, F8 ini kita gelar setiap bulan September," katanya

Danny pun menjelaskan yang paling terkenal di kota Makassar yakni kekayaan kulinernya. Karena itu, peran Bandara Hasanuddin tentu sangat diharapkan menjadi tempat untuk promosi budaya dan wisata Makassar.

"Makassar dikenal dengan kulinernya yang enak enak, dan banyak macamnya. Siapatau lewat bandara secara konsepsual bisa menjadi wadah promosi untuk Makassar," jelasnya.

Olehnya sangat diharapkan bandara menjadi salah satu wadah dan alat untuk meningkatkan pariwisata di kota berjuluk Anging Mammiri ini.

"Bagaimana ini menjadi milik bersama, dan saling menguatkan antara semua, yakni Makassar dan Bandara Hasanuddin saling menguatkan," ujarnya.

Sementara Senior Sales Manager PT Angkasa Pura I, Iwan S Libere mengaku pihak Angkasa Pura selaku pengelolah Bandara menerima baik usulan dari Pemkot Makassar yang ingin meningkatkan kunjungan wisatawan.

Ia mengaku, dengan adanya kolaborasi antara pihak Bandara dan Pemkot Makassar serta Pemprov Sulsel maka sektor bisnis dan ekonomi akan semakin kuat.

"Jadi semua potensi bisnis dan wisata akan kita kembangkan dengan baik," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024