Bantaeng (Antara Sulsel) - Tim kajian dan pembentukan Kantor Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bantaeng, untuk melakukan kajian dan koordinasi  terkait permohonan daerah tersebut menghadirkan pelayanan keimigrasian.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah  Kemenkumham Sulawesi Selatan Ramli HS di Bantaeng, Kamis, mengatakan dirinya cukup terkejut ketika mendapat perintah penugasan untuk melakukan koordinasi di daerah ini, sebab Bantaeng mendapatkan respon yang sangat cepat, meskipun sebelumnya masih ada sekitar 20 Kabupaten/Kota di Indonesia yang sudah mengusulkan.

Menurut dia, usulan pembentukan Kantor Imigrasi  diajukan Pemerintah Kabupaten pada Januari lalu, dan bulan ini Tim Kajian mendapat penugasan langsung dari pimpinan untuk melakukan koordinasi dan menghimpun data yang berkaitan dengan mungkin atau tidaknya hadir sebuah unit pelayanan keimigrasian di Kabupaten Bantaeng.

"Tim kajian pembentukan Kantor Imigrasi  ingin memanfaatkan semaksimal mungkin perintah penugasan ini, untuk menyerap informasi dan data pendukung yang akan menjadi pertimbangan dalam memutuskan diperkenankan atau tidaknya hadir pelayanan keimigrasian di tengah masyarakat Bantaeng dan sekitarnya," tegas Ramli.

Sementara itu, Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah saat menerima kunjungan tim kajian mengatakan  Pemerintah Daerah menyambut baik rencana lahirnya kantor keimigrasian di daerah itu.

"Motto kami adalah mendekatkan pelayanan bagi masyarakat, oleh karena itu bersama-sama kita akan menyiapkan segala sesuatu yang dianggap perlu untuk memperlancar terbentuknya Kantor Keimigrasian di Kabupaten Bantaeng," ujar Nurdin Abdullah.

Rencananya akan dibangun Unit Layanan Paspor serta Unit Layanan Kerja untuk pengawasan terhadap tenaga kerja asing, penegakan hukum keimigrasian, dan layanan lainnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Bantaeng  H Muhammad Yasin, Ketua DPRD Bantaeng H Sahabuddin, Dandim 1410 Bantaeng  Letkol Inf  Sandi Kamidianto, Kapolres Bantaeng AKBP Adip Rojikan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Makassar Haspion Irman, Kepala Bidang Lalu Lintas Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel  Andi Pallawa Rukka, Kepala Bidang Intel dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Uus Muchtizar serta segenap Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Bantaeng.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024