Makassar (Antara Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Wagub Sulsel) Agus Arifin Nu'mang meminta pemerintah daerah, khususnya Kabupaten Kepulauan Selayar dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep) untuk memberikan beasiswa kepada pegawai negeri sipil (PNS) yang bertugas di wilayah kepulauan.

"Penting untuk mengembangkan sumber daya manusia PNS yang mengabdi di kepulauan dengan memberikan beasiswa," kata Agus saat menerima Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu (TB) Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) Pengamat Hama Penyakit (PHP), di Makassar, Rabu.

Untuk itu, pihaknya akan meminta kepada Bupati Kepulauan Selayar dan Bupati Pangkep untuk menginvetarisir para pegawai negeri yang bertugas di pulau yang ada di wilayah administrasi Kepulauan Selayar dan Pangkajenne Kepulauan.

"Kita akan minta agar diinventarisir dan identifikasi PNS yang berpotensi dan akan semakin berkembang kapasitasnya dengan pemberian beasiswa tersebut," tuturnya.

Agus juga akan meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menyeleksi secara ketat bagi pegawai yang bermohon pindah tempat tugas setelah mengikuti tugas belajar itu.

Menurut Agus, hal ini sangat merugikan daerah tertentu yang telah membiayai pendidikan pegawai, tetapi justru mengaplikasikan ilmunya di daerah lain.

Ada pun Kedatangan Forum Komunikasi THL, TB, POPT, PHP menemui orang nomor dua Sulawesi Selatan ini untuk menyampaikan keluhan mereka yang sudah mengabdi kurang lebih sepuluh tahun, namun belum diangkat menjadi PNS.

Pegawai THL, TB, POPT dan PHP tersebut melekat di Kementerian Pertanian pada Unit Teknis Direktorat Perlindungan Tanaman yang ditugaskan di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Selatan.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024