Ambon (Antara Sulsel) - Sedikitnya empat oknum anggota Polres Maluku Tenggara Barat yang terlibat kasus dugaan korupsi dana tunjangan perbatasan dan pulau-pulau terluar telah dititipkan ke rumah tahanan negara (Rutan) Waiheru Ambon.

"Empat anggota Polres MTB ini telah menjalani pemeriksaan dan sudah ditetapkan sebagai tersangka sehingga dititipkan ke Rutan Waiheru," kata Kasie Pidsus Kejari Saumlaki, Deny Syaputra di Ambon, Sabtu.

Anggota polres yang diduga terlibat kasus penyalahgunaan dana tunjangan perbatasan tersebut masing-masing Aiptu pol Yakob Keliduan, Brigpol I Putu Semarang Dana, Brigpol James Wattimena, serta Brigpol Andi Dwi Pradana.

Dana tunjangan perbatasan bagi para anggota Polri yang mengabdi di wilayah Polres MTB tahun anggaran 2016 senilai Rp752 juta ini dimanipulasi oleh para tersangka sehingga uangnya bisa dicairkan di bank.

Namun dana tersebut tidak diberikan kepada seluruh anggota polisi dan hanya dibagi-bagi oleh mereka dan digunakan untuk berfoya-foya.

Untuk tersangka Aiptu Pol Yakob Keliduan yang merupakan bendahara pengeluaran Polres MTB, Brigpol I Putu Semarang Dana, serta Brigpol Andi Dwi Pradana dijerat dengan pasal 2 ayat (1) juncto pasal 4 dan pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana sebagai dakwaan primair.

Sedangkan Brigpol James Wattimena dijerat dengan pasal 4 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana sebagai dakwaan primair.

Dakwaan subsidairnya adalah pasal 3 juncto pasal 4 dan pasal 18 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 tentang korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUH Pidana.

"Jadi ketika berkas perkaranya sudah rampung, kami langsung membawa mereka dari Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten MTB ke Kota Ambon dan dititipkan ke Rutan Waiheru," kata Deny Syaputra.

Empat tersangka bersama Kasis Pidsus Kejari Samulaki yang datang ke Kota Ambon dikawal empat orang anggota Polres MTB yang dipimpin seorang perwira dari Bandara Internasional Pattimura Ambon langsung menuju Rutan Waiheru.

Pewarta : Daniel Leonard
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024