Makassar (Antara Sulsel) - Makassar akan menjadi tuan rumah babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) Sulawesi Selatan yang akan digelar di GOR Kantor Gubernur, 1-3 September 2017.

"Sudah ada kepastian praporda digelar di GOR Kantor Gubernur di Makassar ada 1-3 September 2017. Kami sudah menyampaikan ke setiap kabupaten/kota untuk bisa mempersiapkan diri," kata Sekretaris Umum Pengprov Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) Sulawesi Selatan Bonay Syam di Makassar, Sabtu.

Untuk pelaksanaan pra-porda 2017 ini, kata dia, akan diikuti sebanyak 15 kabupaten/kota se-Sulsel diantaranya Bantaeng, Kota Makassar, Kabupaten Pangkep, dan beberapa dearah lainnya

Pihaknya juga akan tetap mempertandingkan sejumlah kelas baik randori (kelas pertarungan) seperti kelas 46kg, 49kg, 50kg, 60kg serta 70 kg dan nomor embu atau jurus. Pihaknya juga berharap seluruh daerah terus meningkatkan kemampuan setiap atlet agar bisa lolos dan tampil di Porda XVI 2018 di Kabupaten Pinrang.

Dengan adanya kepastian pelaksanaan praporda 2017, maka pihaknya meminta agar seluruh atlet bisa mempersiapkan diri secara maksimal jika ingin berlaga atau tampil pada Porda XVI 2018 di Kabupaten Pinrang.

Pengprov Perkemi Sulsel juga akan lebih ketat dalam administrasi atlet agar para atlet yang tampil memang punya hak dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Sementara itu, Ketua Bidang pembinaan Prestsi KONI Sulsel, Nukhrawi Nawir mengatakan pihaknya memutuskan untuk peserta atau atlet yang diperkenankan berlaga di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI Kabupaten Pinrang, Sulsel pada 2018 maksimal berusia 23 tahun.

Keputusan memberikan batasan khusus bagi atlet dikarenakan tujuan utama porda yakni mencari bibit atlet yang bisa memperkuat Sulsel pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

"Jadi setiap daerah mulai saat ini harus membina atlet yang lebih muda agar bisa memenuhi persyaratan batas usia maksimal atlet pada saat Porda 2018," katanya.

Usia maksimal atlet memang harus dilakukan karena disesuaikan dengan aturan pembatasan usia atlet di PON.

Sejumlah cabang olahraga memang selalu rutin nmemberika batasan usia khususnya olahraga sepak bola yang memang harus diperkuat pemain muda.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024