Sinjai (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait tim sinergitas pemerintah dan masyarakat untuk penguatan tata kelola pemerintah desa, guna pendampingan desa mandiri.

"Dengan sinergitas, kita wujudkan tata kelola pemerintahan desa yang baik menuju desa mandiri," kata Wakil Bupati (Wabup) Sinjai H Andi Fajar Yanwar saat memimpin rakor tim sinergitas di ruang pola Kantor Bupati SInjai, Selasa.

Wabup  meminta agar pelaksanaan sinergitas ini, dapat memfasilitasi segala upaya yang diarahkan pada terwujudnya tata kelola desa yang semakin baik sesuai  harapan dan tujuan dari pelaksanaan undang-undang desa.

"Saya berharap pendampingan terhadap penguatan desa menuju mandiri bisa terakomodir dalam pelaksanaan kegiatan ini, dan kerjasama Dinas PMD dapat lebih intens berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) serta segenap OPD, Camat dan unsur masyarakat lainnya untuk lebih fokus terhadap pengembangan potensi desa melalui tata kelola pemerintahan desa yang semakin kuat.

Sementara itu, Kepala BPS Sinjai Fatahillah Hasba mengatakan kesiapannya untuk memfasilitasi pengelolaan data potensi desa secara online, dan meminta kepada pemerintah daerah untuk menunjuk desa yang dapat dijadikan sebagai pilot project pengelolaan data berbasis teknologi informasi.

Sedangkan Camat Sinjai Timur Tamzil Binawan dan Camat Sinjai Barat  A Paris menyata  untuk mengkoordinir pelaksanaan sinergitas persiapan desa mandiri di wilayah kerjanya.

Kegiatan tersebut dihadiri antara lain Asisten Pemerintahan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal, unsur masyarakat dan pendamping desa .


Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024