Manado (Antara Sulsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Manado, akan menggelar pasar murah di 11 kecamatan menyambut bulan Ramadan 1438 Hijriah.

"Pasar murah akan kami mulai pada 29 Mei nanti, dengan lokasi di kantong-kantong muslim Kota Manado," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Manado, Djoni Iskan, di Manado, Minggu.

Iskan mengatakan, dalam pelaksanaan pasar murah tersebut pemerintah akan menggandeng para distributor dan pedagang besar Manado untuk ikut berpartisipasi menyukseskan acara.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menyurati seluruh distributor dan pedagang besar di Manado untuk bersama melakukan pasar murah, agar nanti harga-harga kebutuhan pokok yang dijual pun murah sesuai kebutuhan masyarakat.

"Nanti bahan kebutuhan pokok yang akan dijual pada pasar murah tersebut adalah beras, gula pasir, mentega, tepung terigu, telur, minyak goreng, hingga mie instan, yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat," katanya.

Iskan mengatakan, karena pasar murah tujuannya adalah untuk membantu masyarakat yang berkemampuan ekonomi lemah, sekaligus mendorong stabilitas harga di pasar, maka pihaknya mengingatkan yang akan dilayani berbelanja adalah masyarakat biasa bukan pedagang.

Karena itu, menurut Iskan, nantinya Disperindag akan bekerja sama dengan para lurah termasuk kepala lingkungan untuk memantau pelaksanaan pasar murah, sehingga bisa mengetahui siap saja yang datang berbelanja.

"Jadi yang bisa berbelanja hanya masyarakat biasa, blukan pedagang eceran yang sengaja memanfaatkan masyarakat untuk keuntungan diri sendiri," katanya. 

Pewarta : Joyce Bukarakombang
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024