Sinjai (Antara Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melalui Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa (PMD) setempat menggelar pencanangan Desa Persiapan Mandiri 2017 di Aula Kantor Camat Sinjai Selatan. Rabu.

Wakil Bupati Sinjai H Andi Fajar Yanwar saat melakukan pencanangan desa mandiri  mengatakan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sinjai 2013-2018, ditargetkan pada 2017 sembilan desa mandiri.

"Diharapkan dapat berkembang menjadi 15 desa mandiri sesuai yang ditargetkan sampai 2018 mendatang," ujar Andi Fajar Yanwar.

Wabup menjelaskan, desa mandiri adalah desa yang dipandang sudah mampu menyelesaikan persoalan kebutuhan dasar warganya dengqn mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya ekonomi seperti perikanan,  pertanian,  industri kecil maupun pada bidang sosial dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat secara mandiri.

Adapun Desa persiapan Mandiri Kabupaten Sinjai tahun 2017 yaitu Desa Palae, Aska, Alenangka,  Songing, Lembang,  Pattongko,  Bua,  Lamatti Riattang  dan Desa Bonto Salama.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Sinjai Andi Zainal Arifin Nur  mengatakan parameter dan indikator yang digunakan dalam pencanangan desa persiapan mandiri adalah Peraturan Menteri Desa  PDT dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016, yang terdiri dari pelayanan dasar, kondisi infrastruktur, aksesibilitas/transparansi, pelayanan umum dan penyelenggaraan pemerintahan.

Kegiatan tersebut dihadiri para staf Ahli Bupati Sinjai, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, para Kepala Bagian,  para Camat, Lurah,  Kepala Desa,  dan ketua serta anggota  BPD.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024