Makassar (Antara Sulsel) - PT PLN Persero area Makassar Selatan mengandeng Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan untuk membantu menyalurkan 50 paket sembako bagi kaum dhuafa berasal dari wilayah Makassar, Gowa, dan Takalar.

"Adanya berbagi sembako untuk dhuafa kami turut berbagi kebahagiaan untuk dhuafa. Sebagai bentuk rasa syukur kami kepada Allah atas rezeki yang diberikan kepada kami dan seluruh pegawai PLN," kata Ketua Lazis PLN Area Makassar Selatan, Hasyim di Makassar, Rabu.

Dalam kegiatan pembagian paket sembako itu di Aula PLN Area Makassar Selatan, Hasyim menuturkan, tidak hanya di Makassar dan sekitarnya, PT PLN juga secara serentak membagikan paket Sembako kepada kaum dhuafa di wilayah lain di Indonesia.

Sementara Manager PLN Area Makassar Selatan, Khairullah, pada kesempatan itu dihadapan beberapa pengurus Lazis dan karyawan PLN, mengatakan berucap syukur bahwa PLN telah berbagi kebahagiaan dengan memberikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Seluruh paket sembako ini berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN melalui kebijakan pemotongan zakat dari penghasilan pegawai yang ditunaikan melalui lazis," paparnya.

Selain itu pihaknya juga memohon doa untuk keselamatan pegawai PLN yang bertugas untuk membantu masyarakat dalam kebutuhan akan listrik. Karena pekerjaan PLN, tambah dia, termasuk pekerjaan yang beresiko karena berhubungan dengan listrik.

Sedangkan Manager Fundraising dan Komunikasi (Fundkom) Dompet Dhuafa Sulsel, Efitrianty Nur, mengemukakan kegiatan seperti ini sejalan dengan program Dompet Dhuafa yakni semangat #zakat360 dan #zakatnesia untuk buka belenggu kemiskinan dengan memuliakan kaum dhuafa.

"Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional telah mengusung #zakat360, Buka Belenggu Kemiskinan dengan makna perubahan total. Sebuah harapan perubahan total dari mustahik menjadi muzaki," ujar dia.

Sementara itu, lanjut dia, #zakatnesia dapat diartikan sebagai gaya hidup berzakat yang menyatu dalam budaya Indonesia. Di mana zakat menjadi kebiasaan wajib ditunaikan umat Islam dan mengubah kondisi kemiskinan menjadi keberdayaan. *

"Melalui semangat zakat dan sedekah umat Islam akan membantu kaum dhuafa serta menyelesaikan masalah kemiskinan. Menunaikan zakat dan sedekah merupakan cara yang dapat ditempuh untuk membantu memenuhi kebutuhan dhuafa dan berkontribusi mengentaskan kemiskinan," harapnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024