Makassar (Antara Sulsel) - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan (Dishub Sulsel) Ilyas Iskandar mengatakan pihaknya menyiapkan 100 bus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus mudik menjelang lebaran mendatang.

"Kita siapkan 70 unit angkutan Bus Damri, sisanya kita akan manfaatkan bus dari Perusahaan Oto Bus yang kita minta berpartisipasi," kata Ilyas di Makassar, Rabu.

Pihaknya juga akan menyiapkan mudik gratis bekerja sama dengan BUMN. Salah satunya, kata dia, yang telah terprogram adalah kerja sama dengan Pelindo IV dengan tujuan Kabupaten Bulukumba, Bone, dan Pare-pare.

"Pelindo siapkan 1000 kursi," imbuhnya.

Pihaknya juga akan menyiapkan tes kelaikan kendaraan dan kesehatan supir di terminal maupun di titik-titik tertentu yang dianggap perlu.

"Dalam satu atau dua hari kita akan rapat, baik dengan Dinas Perhubungan di kabupaten/kota maupun dengan kepolisian," katanya.

Pihaknya juga akan menurunkan sekitar 50 petugas yang akan bekerja sama dengan kepolisian untuk mengamankan titik-titik rawan macet dan kecelakaan.

"Kita memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat dalam melakukan perjalanan," kata dia.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024