Mamuju (Antara Sulsel)- Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyatakan berterima kasih kepada TNI yang telah memberikan kontribusi atas terselenggaranya Pilkada Sulbar, sehingga berlansung aman dan damai.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengatakan hal itu saat menerima kunjungan Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti bersama istri Ny Bella Saphira di Kantor Gubernur Sulbar di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan TNI dan Polri telah banyak memberikan kontribusi positif dalam ikut serta membangun kehidupan yang damai dalam kehidupan bangsa dan bernegara.

"Dibuktikan dengan keberhasilan TNI dan Polri dalam memberikan dukungan dan rasa aman bagi masyarakat pada pelaksanaan demokrasi yang baru saja dilaksanakan di Sulbar sesuai jadwal dengan nuansa demokratis," katanya.

Ali Baal juga menjelaskan bahwa pembangunan di Sulbar telah berjalan baik mulai dari tingkat desa hingga pemerintah daerah, dan pembangunan sudah berjalan dengan lancar.

"Ini tentu tidak lepas dari kondisi keamanan yang merupakan hasil kerja sama yang baik dari seluruh komponen masyarakat yang telah memberikan kontribusi dalam memelihara keamanan dan perdamaian di Sulbar," ujarnya.

Ia mengharapkan nuansa tersebut tetap terjaga di masa mendatang terutama dalam pemilihan DPR/DPD RI, DPRD provinsi/kota/kabupaten tahun 2019, dan pemilihan presiden dan wakil presiden RI.

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayor Jenderal TNI Agus Surya Bakti menyampaikan TNI Angkatan Darat (AD) mempunyai peran membantu pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah dalam mewujudkan program Nawacita Presiden RI.

Agus menambahkan TNI juga membantu memajukan program kelancaran pembangunan masyarakat, serta membantu kepolisian sesuai peraturan perundang-undangan dalam menciptakan kondisi aman dan tentram.

"Tugas pokok TNI terbagi dua yaitu operasi militer menghadapi perang dan operasi militer selain perang, seperti membantu korban bencana alam, membantu memajukan kesejahteraan warga masyarakat swadaya beras dan pembangunan infrasruktur," katanya.

Pangdam juga menyampaikan bulan Suci Ramadan ini merupakan bulan penuh berkah, hendaknya dapat diisi dengan kegiatan besar yang bernilai positif dari setiap unsur komponen masyarakat.

"Kalau ada prajurit saya yang tidak mau membantu, laporkan sama Komandan Korem (Danrem), kalau Danrem dilaporkan tidak ada tindakannya, langsung laporkan ke saya, tidak usah khawatir, prajurit itu kalau melanggar hukumannya berat," ujarnya.

Agus memperkenalkan Kodam XIV Hasanuddin sebelumnya bernama Kodam VII Wirabuana pada saat ini meliputi tiga provinsi yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, dan semua kondisi di wilayah tersebut dalam keadaan terpantau aman dan damai.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024