Kendari (Antara Sulsel) - PT. Pelni (persero) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam waktu singkat akan menambah satu unit kapal untuk melayani penumpang dari dan ke wilayah bagian Utara Indonesia sebagai upaya mengantisipasi arus mudik lebaran khususnya di pelabuhan Murhum Kota Baubau.

Kepala PT Pelni Baubau, Capt. Ahmad Sadikin melalui pesan Whatsaap yang diterima, Minggu mengungkapkan, KM Bukit Siguntang akan melayani penumpang dari wilayah bagian utara Indonesia seperti Nunukan dan Tarakan, sehingga warga Buton secara umum yang berada diperantauan tidak kesusahan lagi untuk mudik ke kampung halaman.

"Kapal ini mulai menyinggahi pelabuhan Murhum Baubau dari Makasar, pada tanggal 23 Juni dan 27 Juni mendatang, dan selanjutnya bertolak lagi menuju Makasar, Balikpapan, Nunukan dan Tarakan sesuai dengan rutenya," katanya.

Ahmad Sadikin menambahkan, dengan penambahan satu unit kapal tersebut, maka kapal Pelni dari dan ke Baubau berjumlah 11 unit, yang sebelumnya 10 unit dengan jadwal keberangkatan secara reguler.

Ia mengatakan, sebanyak 10 unit kapal Pelni yang masuk di pelabuhan Murhum Baubau selama ini meliputi, KM Ciremai, KM Dobonsolo, KM Lambelu, KM Tidar, KM Sinabung, KM Dorolonda, KM Nggapulu, KM Leuser, KM Tilongkabila, dan KM Jetliner, serta ditambah satu kapal untuk membantu selama mudik dan balik lebaran tahun ini yakni KM. Bukit Siguntang.

"Tentu kami berharap, dengan penambahan KM Bukit Siguntang berkapasitas 3000 orang penumpang tersebut, dapat dimanfaatkan penumpang untuk memudahkan mudik dan balik lebaran tahun ini," katanya.

Ia juga mengimbau agar calon penumpang dapat membeli tiket jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan, dan tidak membeli melalui calo. 

Pewarta : Azis Senong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024