Mamuju (Antara Sulbar) - Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Angraeni Anwar melepas melepas puluhan siswa yang mengikuti program "Siswa mengenal nusantara" ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

"Pogram SNM bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman nusantara serta pemahaman nyata terhadap keragaman kekayaan nusantara melalui proses pertukaran informasi dan pengalaman," kata Wagub Sulbar, di Mamuju, Rabu.

SMN merupakan program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Provinsi Sulbar sebagai rangkaian program untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pelajari dan gali semua ilmu, baik itu dari segi pariwisata, kebudayaan dan pemerintahannya, serta jaga nama baik daerah kita disana, karena dimana kita berada disitulah kita berpijak, dimana kita berpijak disitulah adat kita junjung," kata Wagub Sulbar.

Ia meminta agar para siswa SMN dari Sulbar memberi kesan baik kepada daerah yang di datangi dan perlihatkan apa prestasi yang telah kalian capai.

Ia mengaku apresiasi kepada BUMN yang telah mendukung program tersebut, dan mengajak untuk turut membangkitkan semangat para siswa, meningkatkan kepercayaan mereka serta kecintaan mereka kepada negara kesatuan Republik Indonesia.

"Kepada para siswa yang mengikuti SMN agar program tahun ini tidak kalah sukses dengan program yang diadakan tahun lalu bersama Sumatera Utara, untuk itu para siswa-siswa diharapkan untuk tetap meningkatkan rasa persatuan dan kesadaran dan harus memberikan kebanggaan yang bisa menjadi bekal dikemudian hari. Melalui kegiatan tersebut siswa-siswi dari Sumatera Utara diharapkan mendapatkan informasi yang lebih dalam tentang budaya dan adat mandar yang ada di Sulbar," katanya.

SMN merupakan program sebagai peran nyata Kementrian BUMN dalam ikut serta meningkatkan kualitas generasi muda penerus bangsa pada kapasitas nasional.

SMN secara serentak berlangsung 17-26 Juli 2017 dan berlangsung di ibukota kabupaten seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut, selain melepas siswa ke Sumater Utara, Sulbar juga menerima siswa terbaik dari Sumatera utara untuk mengenal Nusantara di Sulbar.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024